Tak Penuhi Panggilan KPK, Tersangka Umar Samiun akan Dipanggil Lagi – Fajar Sultra
News

Tak Penuhi Panggilan KPK, Tersangka Umar Samiun akan Dipanggil Lagi

Bupati Buton, Umar Samiun

KENDARIPOS.CO.ID,KENDARI–-Setelah sempat “libur” beberapa pekan, kasus dugaan suap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) AkilMochtar dengan tersangka Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun, kembali diurus oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Komisi anti rasuah itu sedianya melakukan pemeriksaan terhadap Bupati Buton non aktif tersebut, Jumat (23/12). Sayangnya, yang bersangkutan tak hadir.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan penyidik memang mengagendakan pemeriksaan terhadap Umar terkait pengurusan perkara sengketa Pilkada Buton di MK. “Umar Samiun diagendakan akan diperiksa dengan kapasitasnya sebagai tersangka,” ujar pengganti Johan Budi itu saat ditemui di depan gedung KPK, Jumat (23/12).

Karena yang bersangkutan tidak memenuhi panggilan, ungkapnya, maka dijadwalkan pemanggilan ke dua. Katanya, tersangka tidak hadir dengan alasan surat panggilan KPK baru diterima, Kamis (22/12) sore.

Febri mengaku belum mengetahui kapan agenda pemeriksaan berikutnya. “Pastinya akan dijadwalkan ulang pemeriksaan tersangka,” tandas mantan penggiat anti korupsi itu.

Mengenai saksi lain, ia belum bisa memastikan apakah masih ada saksi lain yang akan dimintai keterangannya. Sebab harus diperiksa dulu tersangkanya untuk mengetahui perkembangannya. Katanya, bila penyidik masih membutuhkan keterangan saksi, maka akan dipanggil orang yang dianggap mengetahui persoalan sengketa Pilkada tersebut. “Nanti saja dilihat perkembangannya. Lagipula sekarang kita belum periksa tersangka,” katanya.

Sekedar mengingatkan, Samsu Umar Abdul Samiun ditetapkan tersangka oleh KPK atas dugaan kasus suap terhadap Akil Mochtar untuk pemulusan penanganan sengketa pilkada 2011. Ia diduga memberikan duit Rp 1 M kepada Akil yang kini sedang menjalani hukuman pidana penjara seumur hidup terkait persoalan suap sejumlah Pilkada, pencucian uang dan gratifikasi. (dan)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top