Sekprov: Tiga Pejabat Eselon II Bisa Nonjob – FAJAR Sultra
News

Sekprov: Tiga Pejabat Eselon II Bisa Nonjob

IJAZAH-Lukman-Abunawas-300x200

Lukman Abunawas

KENDARIPOS.CO.ID,KENDARI—38 pejabat eselon II lingkup Pemprov Sultra akan dilantik pekan depan. Dari jumlah itu, dipastikan akan ada wajah-wajah baru. Adanya pembentukan lembaga baru plus beberapa pejabat yang telah memasuki usia pensiun, membuka ruang bagi eselon di bawahnya untuk dipromosi. Namun untuk tahap awal, mereka hanya bisa menjadi pelaksana tugas (plt).

“Kemungkinan ada tiga pejabat eselon II yang akan nonjob,” ujar Lukman Abunawas, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra saat ditemui Jumat (23/12). Sayangnya, mantan Ketua DPC Partai Golkar Konawe ini enggan menyebutkan pejabat yang akan dinonjob.

“Sinyal ada pejabat yang nonjob telah disampaikan gubernur pada pertemuan sebelumnya. Kalau ada kursi yang ditinggalkan, maka akan ada pejabat baru. Untuk mengisi posisi itu, bisa melalui mutasi dan promosi. Kalau pernah menduduki jabatan eselon II, maka tinggal digeser. Misalnya, Kepala Biro Humas yang digeser menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) atau ke instansi lain,” katanya.

Bagi pejabat yang mendapat promosi menjadi Plt, kata dia, mereka harus mengikuti lelang jabatan jika ingin dilantik sebagai pejabat definitif. Saat ini, tahap penggodokan pejabat eselon II telah memasuki tahap akhir. Hasil evaluasi tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) telah diserahkan ke Gubernur Sultra, H Nur Alam.

“Kami masih menunggu instruksi pak gubernur. Sesuai jadwal, pelantikan pejabat baru akan dilaksanakan pada minggu ke-empat bulan Desember. Untuk pembahasan pejabat baru, sudah kami rapatkan di baperjakat provinsi 4 hari lalu,” beber Ketua Baperjakat Sultra itu. Dalam struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun 2017, terdapat 4 SKPD baru. Ini artinya, ada jabatan yang harus diisi mulai dari pejabat eselon II hingga ke bawahnya.

“Kalau nama, itu domain gubernur. Tugas kami hanya menyiapkan sesuai permintaan pimpinan. Namun secara umum, struktur jabatan tidak terlalu mengalami perubahan. Tapi khusus di level eselon II, akan ada pergeseran jabatan maupun pejabat yang di nonjobkan. Apalagi ada beberapa diantaranya sudah memasuki batas usia pensiun,” kata mantan Bupati Konawe dua periode ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pelantikan pejabat eselon II telah dijadwalkan Jumat (23/12). Bahkan, undangannya sempat akan dibagikan. Namun tanpa alasan yang jelas, tiba-tiba agenda pelantikannya diundur. Namun dari beberapa sumber, acara pelantikan akan dilaksanakan pekan ini. (mal)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top