Bokori Semakin Cantik, Pemerintah pun Tawari Investor – FAJAR Sultra
News

Bokori Semakin Cantik, Pemerintah pun Tawari Investor

Gubernur Nur Alam mengambar rencana pengembangan Pulau Bokori di atas pasir disaksikan pengusaha Kendari. Foto: Abdi Mahatma

KENDARIPOS.CO.ID,KENDARI—Usaha keras Gubernur Sultra, Nur Alam mengembangkan Pulau Bokori sebagai destinasi wisata unggulan, mulai terlihat. Serbuan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara adalah salah satu indikatornya. Saban akhir pekan dan libur, pulau kecil itu dipadati banyak orang yang ingin menikmati keindahannya. Tapi itu rupanya belum membuat Nur Alam puas, karena masih ada areal yang belum tersentuh pengembangan.

Di bagian selatan pulau itu, masih bisa dijadikan kawasan baru. Nah, Minggu (25/12) lalu, Nur Alam berkunjung ke pulau itu bersama beberapa pengusaha besar di Kota Kendari. Mantan Ketua PAN Sultra itu ternyata menawari para konglomerat lokal tersebut untuk join investasi, membangun cottage dan villa. Soal teknis kerjasamanya, dibahas belakangan. “Silahkan dilihat, saya hanya butuh ada investasi,” katanya, sore itu di Bokori.

Menariknya, tawaran investasi itu dibahas di pinggiran pantai Pulau Bokori dalam suasana non formal. Nur Alam bahkan membuat skesta di pasir, tentang keinginannya soal pengembangan Bokori, termasuk areal lain di Kota Kendari. “Nanti kami join dengan teman-teman pak Gub, supaya Bokori bisa dikembangkan lagi. Saya kira, kalau Rp 1 M masing-masing ini bisalah,” cetus Joshua Tan, pengusaha berbagai bidang yang juga pemilik sebuah toko alat tulis besar di Kota Kendari.

Sore itu, selain Joshua, juga hadir beberapa pengusaha lain yang konsen di bidang property. Ada pemilik hotel, rumah bernyanyi, resort. Mereka semua tertarik untuk membantu niat Nur Alam, mengembangkan Pulau Bokori, khususnya membangun cottage dan fasilitas wisata lain di pulau itu. “Bokori ini luar biasa karena siapapun bisa mengaksesnya. Beda dengan objek wisata lain di Sultra, yang butuh banyak waktu dan biaya agar bisa menikmati keindahannya,” kata Gubernur, saat itu.

Ia juga sempat menawari para pengusaha itu untuk membangun hotel, berdampingan dengan Masjid Al Alam, di Teluk Kendari. Menurut gubernur, bila ada yang berani mengambil kesempatan itu, maka ia yakin itu akan berkembang pesat. “Termasuk lahan di RSUD Sultra yang lama, itu juga kalau ada yang tertarik untuk bangun pusat perbelanjaan, silahkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan PDE Sultra, H Kusnadi menjelaskan, Pemprov memang terus menggenjot berbagai fasilitas wisata di Pulau Bokori, agar pengunjung merasa nyaman berwisata. Saat ini, sudah ada 14 cottage yang sudah dibangun dan bisa dimanfaatkan. “Restoran juga sedang dalam proses penyelesaian. Tahun depan sudah kelar, maka makin sempurna nilai eksotis pulau ini,” kata Kusnadi, yang ikut mendampingi Gubernur, Minggu (25/12) sore lalu.

Kusnadi memprediksi, arus kunjungan wisata di Bokori saat ini makin besar setiap pekannya. Libur natal dua hari lalu saja, nyaris tak ada tempat kosong di pulau itu karena padatnya manusia. Apalagi malam tahun baru nanti, Kusnadi memprediksi akan banyak sekali orang melewati pergantian tahun di Pulau itu. (abi)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top