Kades Morombo Gratiskan Raskin bagi Warganya – FAJAR Sultra
News

Kades Morombo Gratiskan Raskin bagi Warganya

WANGGUDU – Kepala Desa Morombo Kecamatan Lasolo Kepulaan Kabupaten Konawe Utara (Konut), Badillah melakukan sesuatu yang jarang dilakukan kepala desa lainnya. Dirinya memberikan beras miskin kepada warganya secara cuma-cuma.

Bukan untuk mendapatkan pujian, Baadilah memberlakukan kebijakan ini ternyata telah bertahun-tahun. Dirinya tidak ingin membebankan pembayaran raskin ini kepada masyarakatnya.

Baadilah yang ditemui mengatakan, jika pengratisan raskin ini dilakukannya demi kemanusian. Pasalnya,kondisi ekonomi masyarakatnya masih memprihatinkan.

“Iya betul, saya tidak membebankan pembelian raskin. Kita kasian masyarakat mereka masih butuh perhatian,” katanya.

Dia mengungkapkan, sejak desa yang dipimpinnya itu mekar pada 2009 lalu, kondisi masyarakatnya yang nota bene sebagai nelayan dan petani kebun itu. Untuk memenuhi kebutuhan pokok terbilang susah.

Sehingga dengan hati yang tulus dan ikhlas dia berinisiatif menanggung sendiri upah bantuan yang disalurkan oleh Pemeritah Provinsi Sultra itu.

“Sejak saya menjabat sudah 6 kali turun beras raskin di desa saya. Saya tidak memungut biaya karena saya kasian dengan kondisi masyarakat saya yang hanya berpenghasilan sekitar Rp 400 ribu saja perbulan. Sedang kebutahan hidup mereka masih susah terpenuhi,” katanya.

Untuk bantuan beras raskin yang diperuntukan masyarkaat miskin itu dengan isi 15 kilo gram masyarakat dibebani dengan biaya sebesar Rp 20 ribu perkepala keluarga (KK). Biaya itu ditutupi dengan simpanannya.

“Kalau desa saya ada 290 jiwa. Untuk membayar raskin, saya sisihkan sedikit-sedikit dari honor-honor yang saya tabung. Saya merasa tidak terbebani yang terpenting warga saya bisa makan,”Terangnya.

Raman warga desa setempat membenarkan hal tersebut. Dirinya mengatakan beras raskin yang disalurkan diperolehnya secara gratis tanpa ada biyaya kontribusi.

“Setau saya ini ada biyayanya, tapi kita dikasi gratis sama Kepala Desa. Alhamdulillah kami masyarkat senang dengan kondisi kami yang pas-pasan ini bisa dimengerti,” ucapnya. (hdi/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top