Panwaslu Kendari Disoroti – Fajar Sultra
News

Panwaslu Kendari Disoroti

KENDARI – Kinerja Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kendari dalam mengawasi tahapan pelaksanaan pemilihan wali kota (pilwali) menuai sorotan. Sorotan tersebut datang dari Tim Pemenangan Muhammad Zayat Kaimoeddin-Suri Syahriah Mahmud (Zayat-Syahriah) LM Bariun.

Bariun menilai pilwali kali ini berjalan tanpa wasit alias pengawas. Pasalnya, Panwaslu yang harusnya bekerja sebagai pengawas pilkada justru tak mampu berbuat apa-apa alias bisu.

“Artinya (Panwaslu) ini tidak ada tindak lanjut yang dia lakukan. Seharusnya kalau ada temuan, mereka rekomendasikan,” katanya saat ditemui di Kendari, Selasa (27/12).

Dia mengatakan sumber dari masalah dalam pilkada tidak hanya menyangkut dari daftar pemilih tetapi datang dari keberpihakan penyelenggara.

“Ini kan menjadi penyakit. Kalau (Panwaslu Kendari) merupakan pengawas yang baik, apapun laporan yang masuk dia akan tindaklanjuti. Kenyataannya tidak,” keluhnya.

Saat ini kata Bariun banyak laporan yang mereka sampaikan ke Panwaslu tidak ditindaklanjuti.

“Pertama soal daftar pemilih sementara. Memang masalah ini ditindaklanjuti tapi tidak sepenuh hati. Laporan kedua menyangkut surat keterangan palsu. Laporan ketiga soal mobilisasi pegawai negeri sipil dan beberapa laporan lain,” ungkapnya.

Menurutnya tiga komisioner Panwaslu Kendari tidak lagi bersinergi. Soalnya komisioner Panwaslu yang membidangi penindakan sama sekali tidak berjalan.

“Penindakan dia diamkan semua (laporan yang masuk). Ini berdasarkan curhatnya Ketua Panwaslu Kendari (Alasman Mpesau). Jadi kita anggap, laporan yang kami sampaikan ke Panwaslu dipetieskan semua atau disimpan tanpa ada tindak lanjut,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kendari Alasman Mpesau yang hendak dikonfirmasi soal sorotan tersebut sama sekali tidak mengangkat telepon saat dihubungi awak media. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top