PMII Konawe Kecam TKA Ilegal – Hacked by TryDee
News

PMII Konawe Kecam TKA Ilegal

UNAAHA – Informasi mengenai Tenaga Kerja Asing (TKA) illegal yang ada di kecamatan morosi dalam pembangunan peleburan nikel atau smelter, yang dilakukan oleh PT Virtue Dragon Nickel Industri juga tidak luput dari pantauan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Konawe. Hal ini diungkapkan oleh Ramdhan Riski Pratama selaku ketua cabang PMII Konawe.

“Di sana tidak boleh ada tenaga kerja asing ilegal. Itu pelanggaran terhadap aturan. Apalagi di hadapan bangsa lain. Bisa masuk kategori pelecehan,” ungkapnya, Selasa (27/12) di Unaaha.

Sejauh ini, lanjutnya, berdasarkan beberapa temuan di lapangan, pekerja asing di anggap ilegal karena masuk tidak menggunakan visa tenaga kerja, melainkan menggunakan visa wisata. Hal ini dianggapnya sebagai tindakan yang merugikan negara, karena pekerja asing tidak menyetorkan pajak penghasilan kepada negara.

” Soal kontrak harus pekerja asing juga itu tidak masalah, jika kontraknya sudah demikian. Masalah di sini adalah tenaga kerja. Kalau mau jadi tenaga kerja di Indonesia, mestinya mereka menggunakan izin yang resmi. Jangan berstatus pelancong tapi melakukan aktivitas lain di Sulawesi Tenggara,” ungkapnya.

PMI Konawe juga berjanji akan menelusuri lebih jauh TKA ilegal tersebut. Dalam waktu dekat PMII akan melakukan kunjungan di Morosi untuk melihat langsung aktivitas pembangunan smelter. (p13/b/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top