Pembangunan RSUD Tipe B Kolaka Dimulai – FAJAR Sultra
News

Pembangunan RSUD Tipe B Kolaka Dimulai

KOLAKA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka memulai proses pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kolaka tipe B, Rabu (28/12). Pembangunan RSUD Kolaka diharapkan bisa menjadi rumah sakit rujukan untuk mengatasi penyakit tertentu di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Gubernur Sultra Dr H Nur Alam didampingi Bupati Kolaka, H Ahmad Safei dan Direktur Human Capital dan CSR PT Antam Tbk, I Made Surata menekan tombol tanda dimulainya pembangunan RSUD Kolaka, Rabu (28/12).

Gubernur Sultra H Nur Alam, mengapresiasi pembangunan RSUD Kolaka. Menurutnya, pembangunan rumah sakit adalah prioritas sehingga jangan dianggap sebagai simbol dari mega proyek.

“Selain itu hal menarik dari pembangunan RSUD Kolaka itu adalah konsep public private partnership yang melibatkan seluruh stakeholder untuk bersama-sama membangun fasilitas tersebut sudah terwujud. Apalagi Antam juga memiliki komitmen untuk membantu pembangunan RSUD Kolaka ini,” ujar Nur Alam.

Dalam mendukung percepatan pembangunan RSUD Kolaka, Pemprov Sultra siap membantu dengan memberikan sokongan dana hingga Rp 10 miliar. Selain itu, pemprov juga akan membantu pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di sekitar RSUD Kolaka.

“Fenomena rumah sakit di daerah selalu menjadi sasaran para pembesuk yang kadang tidur di selasar-selasar sehingga mengganggu kenyamanan pasien. Makanya dengan adanya rusunawa, keluarga pasien nanti bisa menginap di situ,” jelasnya.

Bupati Kolaka, H Ahmad Safei mengungkapkan, pembangunan RSUD Kolaka merupakan kebutuhan dasar yang sangat didambakan oleh masyarakat Kolaka. Dikatakan, pembangunan RSUD Kolaka tipe B terinspirasi itu dari fenomena masyarakat yang apabila terkena penyakit tertentu, kemudian harus dirujuk ke luar daerah.

“Pembangunan RSUD Kolaka ini terinspirasi dari kenyataann keseharian kami. Ketika ada masyarakat yang terkena penyakit tertentu harus dirujuk ke Makassar atau di luar Kolaka. Padahal secara fungsional sumber daya tenaga medis di Kolaka sangat komplit, namun memang untuk menangani penyakit tersebut masalahnya adalah sarana dan prasarana kita yang tidak memadai,” tukasnya.

Mantan Sekda Kolaka itu berharap, RSUD Kolaka kelak bisa menjadi rumah sakit rujukan untuk mengatasi penyakit tertentu. Karena itu, pembangunan RSUD Kolaka perlu mendapat dukungan dari semua pihak baik itu pemerintah provinsi maupun pusat.

“Besar harapan kami sebelum berakhir masa jabatan kami secara fungsional sudah dapat digunakan,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Human Capital dan CSR PT Antam Tbk, I Made Surata mengatakan, sebagai salah satu upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan di wilayah operasional, PT Antam turut berkontribusi dalam membantu pembangunan RSUD Kolaka.

Hal ini sejalan dengan program kerja perseroan dalam rangka meningkatkan akses pelayanan kesehatan sebagai wujud pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan.

“Kita berharap, dengan pembangunan RSUD Kolaka ini bisa memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi bagi masyarakat khususnya masyarakat Kolaka,” katanya. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top