RSU Modern Bisa Digunakan Mei 2017 – FAJAR Sultra
News

RSU Modern Bisa Digunakan Mei 2017

RAHA – Pemkab Muna rencana sudah bisa menggunakan Rumah Sakit Umum (RSU) Muna di eks Terminal Kota Raha pada Mei 2017 mendatang. Masyarakat tak perlu pusing lagi dengan kondisi RSU Muna yang lama, karena sudah tak representatif digunakan sebagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat, disebabkan kondisi bangunannya yang sudah sangat tua dan tidak terawat.

Bupati Muna, LM Rusman Emba saat meninjau RSUD Modern Muna.

Kepastian itu dikatakan Kuasa Pengguna Anggaran, Sadaruddin. Dia mengatakan, saat ini pembangunan RSU Muna berkonsep modern ini sudah rampung, sisa pembangunan ruang VIP. Untuk menyelesaikan pembangunan gedung VIP tersebut kata dia, dibutuhkan dana sebesar Rp8,5 Miliar.

Mengenai sisa pinjaman Pemda Muna pada Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebesar Rp12,1 Miliar untuk pembangunan RSU Modern itu, akan segera cair setelah Bupati Muna LM Rusman Emba memperpanjang MoU bersama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) selaku pemberi pinjaman.

Dari Rp12,1 M itu kata dia, Rp7,6 untuk membayarkan tunggakan pada kontraktor PT Waskita yang telah merampungkan bangunanan tersebut. Sedangkan, Rp4,5 M merupakan Sisa Hasil Tender (SHT) akan digunakan untuk pembangunan selasar dan pengadaan lift. “Untuk pembayaran tunggakan pada PT Waskita dilaksanakan pada Januari 2017 dan pencairan SHT batas waktunya 18 Februari,” kata Sadaruddin.

Sadaruddin menambahkan, Pemkab Muna kembali mengalokasikan dana sebesar Rp2,9 miliar dalam usulan anggaran RAPBD Muna 2017, untuk penyelesaian lantai satu gedung utama, pembuatan biotang, pemasangan listrik dan air. Mengenai izin operasional RSU Muna, saat ini kata dia tidak masalah lagi, karena sudah diperpanjang dan sisa menunggu Surat Keputusan (SK) Bupati Muna. (sra/b/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top