2017, Kejati Fokus Kawal Dana Desa – FAJAR Sultra
News

2017, Kejati Fokus Kawal Dana Desa

KENDARI – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra, Sugeng Djoko Susilo menegaskan, memasuki tahun 2017 ini pihaknya bakal fokus mengawal dan mengawasi pemanfaatan dana desa di seluruh desa di Sultra.

Orang nomor satu di Kejati itu menjelaskan, dirinya bakal mengarahkan semua Kejari di seluruh Kabupaten Kota untuk lebih intensif mengawal dana desa yang masuk di setiap desa. Menurutnya, selama ini bantuan desa dari Kementerian itu bukan anggaran sedikit sehingga tidak jarang timbul adanya kecenderunga masalah.

Selain itu beber Sugeng, soal penyaluran dana desa yang dikabarkan banyak masalah, sebagian besar bukan karena kesengajaan, namun adanya ketidak tahuan unsur – unsur desa dalam penyalurannya. Mulai dari pembukuan hingga neraca keuangan.

“Terkadang adanya masalah penyaluran dana desa ini dikarenakan ketidak tahuan dari aparat pedesaan, bukan karena niat. Makanya di 2017 ini saya akan arahkan semua Kajari induk entensif lagi mengawal dana desa ini, “tegasnya.

Tugas Kejati lanjut Sugeng ialah mengarahkan dalam pemanfaatan anggaran tersebut sebagai bentuk aplikasi dari program Tim Pengawal, Pengamanan, Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) di lingkup Kejati.

” Kejati itu juga memiliki peran dalam hal pembangunan daerah, makanya sudah tugas kami melakukan pengawasan dan pengawalan yang berhubungan dengan pembangunan daerah termasuk pengawasan dana desa, ” terangnya.

Jika memang ada yang berniat dalam penyelewengan dan tersebut, Sugeng menegaskan agar jaksa tidak pandang bulu dalam penanganannya. (m4/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top