Kembangkan Perekonomian Sultra Melalui Pariwisata – FAJAR Sultra
News

Kembangkan Perekonomian Sultra Melalui Pariwisata

Suasana-kegiatan-coffee-morning-di-Grand-Clarion-Hotel-Kendari-1024x768

KENDARI – Solusi pembangunan perekonomian Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diulas dalam kegiatan coffee morning di Grand Clarion Hotel Kendari. Turut hadir sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Amirul Tamim, Prof Buyung Sarita dari akademisi Universitas Halu Oleo, serta General Manager (GM) Garuda Indonesia Kendari, Gatot Rijadi.

Suasana kegiatan coffee morning di Grand Clarion Hotel Kendari, Sky Pool.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Amirul Tamim mengungkapkan, potensi objek wisata Sultra tidak kalah bersaing dengan daerah lain. Namun, pada sisi pemanfaatan, wisata Sultra dianggap masih perlu dikembangkan. Segala potensi yang dimiliki Sultra harus dikembangkan.

“Jika kita melihat potensi jalur udara maupun laut, fasilitas penunjang perekonomian itu, kita sudah ada. Walaupun jalur darat seperti kereta api belum ada. Namun itu masih membuktikan bahwa wilayah Sultra sangat strategis,” ujar Amirul.

Selain itu, Prof Buyung Sarita menuturkan, budaya Sultra sangat unik. Namun menurutnya, masih banyak budaya-budaya di Sultra yang perlu digali. Lanjutnya, untuk meningkatkan pariwisata harus didukung dengan penbangunan sektor ril. Seperti makan khas Sultra, kerajinan tangan, serta keunikan budaya-budaya masyarakat Sultra harus lebih ditonjolkan. “Sektor ril ini salah satu unsur yang dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi objek wisata kita,” ucapnya.

Prof Buyung menilai, sampai saat ini belum ada strategi pengembangan pariwisata yang fundamental. Misalkan saja, saat ini di Konsel terdapat situs bersejarah peninggalan perang pasifik. Dalam situs tersebut terdapat 75 banker, dan itu sangat unik dan bisa dikembangkan menjadi objek wisata.”Belum lagi peninggalan Sultan Murhum, serta budaya-budaya lainnya,”imbuhnya

Untuk mengembangkan perekonomian Sultra melalui pariwisata, Prof Buyung menghimbau adanya peran sinergitas pemerintah daerah serta media massa dalam menggenjot serta mempublikasikan potensi-pitensi wisata di Sultra.

“semua kabupaten di Sultra punya potensi wisata, untuk itu masing-masing daerah harus memiliki strategi kebijakan untuk mengembangkan itu. Kemudian peran serta pemprov sangat dibutuhkan disini,” tambahnya. (p9/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top