Siapkan Sistem Transportasi Massal Berbasis Jalan – Fajar Sultra
News

Siapkan Sistem Transportasi Massal Berbasis Jalan

KENDARI – Pemprov Sultra tengah mempersiapkan sistem transportasi massal berbasis jalan, yakni berupa penyedian sarana transportasi massal atau bus rapid transit (BRT), yang dapat mendukung penyediaan angkutan umum sesuai keinginan masyarakat.

ilustrasi

Dimaksudkan, masyarakat bisa beralih menggunakan moda trnasportasi berbasis jalan yang aman, nyaman, efektif dan efisien.

Gubernur Sultra Nur Alam mengapresisasi gagasan Dishub Sultra dalam mempersiapkan regulasi trnaportasi yang dapat dijadikan panduan hingga 30 tahun mendatang. Dimana, tuntutan perkembangan ibu kota mamaksa pemerintah daerah membuat regulasi dan kebijakan yang menjadi kebutuhan masyrakat. Penyediaan layanan moda trnaportasi berbasis jalan terkait penggunaan bus angkutan massal, penyediaan rute dan halte serta terminal terpadu antar moda.

“Jadi ini sudah jelas dan bagus dalam mempersiapkan sistem transportasi kita kedepan. Bisa kita gunakan hingga 30 tahun mendatang. Bukan hanya jadi pondasi kebijakan sisitem transportasi di Sultra, tapi akan jadi solusi perkembangan tranpotasi di ibukota kita,” ungkap Nur Alam, akhir Desember 2016.

Dengan begitu, menurut dia kebijakan transportasi berbasis jalan memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat. Selain itu, kebijakan tersebut dapat digunakan pemerintah selanjutnya dalam pembangunan ibukota provinsi.

Sebelumnya, dihadapan gubernur, Kadis Perhubungan Sultra Hado Hasina mempresentasikan, pengoperasian BRT akan meningkatkan daya tarik angkutan umum, sehingga dapat menekan penggunaan kendaraan pribadi sebagai usaha mengurangi tingkat kemacetan.

“Pengoperasian BRT nantinya tentu harus ditunjang rute perjalanan dan halte yang memadai,” kata Hado.

Dia juga menunjukkan peta jalur transportasi yang dilalui bus dan lokasi halte dan terminal terpadu. Recananya halte akan dibangun dengan melayani kebutuhan masyarakat, mulai dari penitipan kendaran, pusat perbelanjaan hingga lokasi isntirahat.

“Jadi memang nanti akan kita siapkan sesuai kebutuhan masyrakat agar bisa nyaman kalau dia menitipkan kendaraannya dan menggunakan trnapotasi masal,” katanya

Dalam kesempatan itu juga, mantan Plt Sekda Butur itu mengajukan kebutuhan anggaran untuk mendukung inftarstrukturnya sekira Rp 7 miliar. Namun diyakini akan mendapatkan Rp 10 miliar pendapatan yang akan dihasilkan. Sementara pengolahannya bisa dilakukan pihak ke tiga atapun pihak pemerintah.

Usulan tersebut disambut baik Gubernur Nur Alam dan langsung mengintruksikan BPKAD untuk menyisipkan anggaran pembangunannya APBD erubahan ditahun 2017. (r3/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top