KPPS Segera Direkrut – FAJAR Sultra
News

KPPS Segera Direkrut

Hayani-Imbu

KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendari mengumumkan kalau panitia pemungutan suara (PPS) akan melakukan perekrutan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang akan bertugas di tempat pemungutan suara (TPS). Proses pendaftaran KPPS sendiri berlangsung sejak 28 Desember 2016 sampai 2 Januari 2017.

Hayani Imbu

Ketua KPU Kendari Hayani Imbu mengatakan perekrutan KPPS kali ini berbeda dengan pemilihan sebelumnya. Dulu, katanya, KPPS langsung ditunjuk oleh PPS.

“Tapi pemilihan sekarang, rekrutmen KPPS harus dilakukan dengan seleksi secara terbuka,” katanya saat ditemui di Kendari, belum lama ini.

Pihaknya terus melakukan monitoring terhadap penerimaan KPPS guna mengetahui proses seleksi dan pendaftaran KPPS. Menurut Hayani, proses monitoring sangat penting dilakukan supaya KPU bisa menyiapkan keputusan manakala ada TPS yang pendaftar KPPS-nya kurang dari tujuh orang. Sementara dalam satu TPS, jumlah KPPS wajib tujuh orang.

“Kalau ada yang kurang pendaftarnya maka tentu ada perlakuan khusus. Kita juga monitoring soal pendaftar KPPS yang banyak pendaftarnya dalam tiap TPS. Bagi TPS yang pendaftar KPPS-nya banyak maka waktu seleksi harus disediakan lebih banyak. Karena seleksi KPPS ini kan melalui tes wawancara sementara petugas PPS cuma tiga orang setiap kelurahan,” ungkapnya.

Saat ini, katanya, KPU sudah menyiapkan antisipasi manakala jumlah pendaftar KPPS membeludak. Atas kondisi tersebut, pihaknya akan memerintahkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk turun membantu PPS dalam melakukan seleksi wawancara.

“Tapi sekarang, KPU Kendari belum bisa memutuskan sepihak. Kita akan konsultasi ke KPU Sultra apakah kita diberi kewenangan menunjuk langsung terhadap TPS yang kurang pendaftarnya atau memerintahkan PPK membantu PPS menyeleksi peserta yang banyak pendaftar KPPS-nya,” kata Teo sapaan akrab Hayani Imbu.

Teo memastikan persiapan surat keputusan pengangkatan KPPS akan diterbitkan pada 14 Januari 2017. Setelah surat itu ada, pihaknya akan melakukan bimbingan teknis kepada KPPS supaya bisa lebih memahami tugasnya ketika di TPS nanti.

Dalam perekrutan KPPS, pihaknya juga sudah menyiapkan antisipasi jangan sampai ada peserta yang justru berafilisasi dengan pasangan calon tertentu. Mengenai hal tersebut, KPU akan menjaring informasi dari berbagai pihak supaya KPU tidak salah dalam merekrut KPPS. (r1/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top