Busel Butuh Sekda Definitif. Minat? Silahkan Daftar… – FAJAR Sultra
News

Busel Butuh Sekda Definitif. Minat? Silahkan Daftar…

KENDARIPOS.CO.ID BATAUGA- Kabupaten Buton Selatan (Busel) dalam waktu dekat bakal melakukan seleksi calon sekretaris daerah (Sekda). Sudah beberapa bulan ini, jenderal PNS di daerah itu dipimpin La Asari, statusnya sebagai pelaksana tugas (Plt). Nah, mengingat Busel adalah daerah baru, maka keberadaan sekda definitif sangat dibutuhkan.

Hingga kini, status Busel dengan Plt Sekda masih terus berlanjut. Padahal untuk rezim kepemimpinan di daerah pecahan Kabupaten Buton itu telah berganti. Dari Muhamad Faisal kepada Ilah Ladamay. “Dalam waktu dekat kita akan seleksi calon sekda. Mudah-mudahan bisa dapatkan yang terbaik,” ungkap Ilah Ladamay, Pj Bupati Busel, kemarin.

Pemda Busel berkomitmen untuk segera mencari sekda definitif. Caranya dengan segera membuka penjaringan pejabat yang berminat dan berkompeten untuk menduduki posisi tersebut. “Dalam Januari ini, kita upayakan agar Sekda Busel definitif sudah ada. Makanya, bagi siapapun yang merasa dirinya mampu dan layak menjabat posisi tersebut silahkan ikut fit and propert test,” jelasnya.

Posisi Sekda, lanjut dia, bukan hal mudah. Dibutuhkan keilmuan yang sesuai untuk mengisinya. Khususnya harus memiliki pemahaman dalam hal keuangan daerah. “Sekda bertindak Tim Anggaran Pemerinta Daerah (TAPD) dan juga sebagai koordinator anggaran. Olehnya itu, harus memiliki pemahaman tetang keuangan agar semua bisa berjalan baik,” katanya.

Bukan hanya itu, dia juga mesti paham tentang tugas sebagai PNS. Makanya kata dia, pelaksanaan fit and propert test akan dilakukan secara terbuka. Siapapun bisa ikut dalam dan berkopetisi didalamnya. “Insya Allah, dalam waktu dekat ini dilakukan. Termasuk pejabat yang baru dilantik, juga bisa ikut. Intinya, selama dia memenuhi syarat, silahkan mendaftar,” imbuhnya.

Sebelumnya Sekda Kabupaten Buton Selatan dijabat oleh Zakir. Namun, karena dia ditahan karena tersandung kasus hukum sejak Maret 2016 lalu, sehingga jabatan sekda diamanahkan kepada La Asari sebagai pelaksana tugas (Plt). (b/ahi)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top