Genjot Destinasi Pariwisata Sultra – Fajar Sultra
News

Genjot Destinasi Pariwisata Sultra

KENDARI – Association of the Indonesia tour and travel agencial (ASITA), terus mengenjot obyek wisata yang berada di Sultra. Tentunya, sumbangsi dari sektor wisata akan meningkatkan pendapatan daerah dan juga memutar roda perekonomian masyarakat.

Rahman Rahim

Ketua ASITA Rahman Rahmat mengatakan, asita adalah assosiasi perusahaan perjalanan wisata Indonesia. Selain itu, satu- satunya assosiasi di bidang perjalanan wisata yang tertuang dalam UU pariwisata no 10 tahun 2009.

“Dalam ruang lingkupnya asita terbagi menjadi dua yaitu BPW dan APW. BPW adalah biro perjalanan wisata yang menyelenggarakan perjalanan tour bagi wisatawan. Sedangkan, APW adalah agen perjalanan wisata seperti penjualan tiket dan juga pengurusan dokumen perjalanan seperti pengurusan password dan visa,” ucapnya. Senin (2/1)

Katanya, banyak obyek wisata di Sultra yang bisa dilestarikan terjual, seperti destinasi wisata bahari Wakatobi dan pulau Labengki. Kemudian, akan mengembangkan pulau Bokori, pulau Hari, pantai Senja dan masih banyak lagi yang bisa di Eksplor. ” Semua memiliki sensasi alam yang bisa mengundang banyak wisatawan,” ujar Rahman.

“Kami menginginkan Sultra memiliki icon tersendiri melalui objek wisatanya, sehingga bisa di kenal di seluruh indonesia maupun internasional,” ujar pria berumur 37 tahun itu.

Lanjut Rahman Rahim, “namun, tujuan lain kami bukan hanya destinasi bahari yang akan di genjot, tetapi juga bagaimana mengembangkan destinasi wisata lain seperti dari keseniannya , wisata edukasinya, arkeologinya, maupun tradisi kearifan lokal yang ada diseluruh daerah sultra,” paparnya sambil tersenyum.

“Saya menginginkan semua objek wisata, di semua kabupaten dan kota di sultra, bisa dikembangkan dan dilestarikan, sehingga bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung,” ucap pria berumur 37 tersebut.

Olehnya itu, kata Rahman, untuk menjual objek wisata harus ada yang namanya power of issue, yaitu bagaimana kita membesar-besarkan obyek wisata itu, tetapi memang sebenarnya kita memilikinya.

Walaupun, kita memiliki objek wisata pesona alam yang menarik, tetapi bila tidak mampu mengexplornya, pasti tidak akan menghasilkan apa-apa,” tutupnya. (p11/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top