Pj Bupati Bombana Lantik 769 Pejabatnya – FAJAR Sultra
News

Pj Bupati Bombana Lantik 769 Pejabatnya

KENDARIPOS.CO.ID. RUMBIA- Terbitnya Peraturan Pemerintah nomor 18 membuat resah sejumlah Aparatur Sipil negara (ASN) di Pemda Bombana. Namun kekhawatiran para ASN itu, terjawab sore kemarin. Sebanyak 769 pejabat pada semua eselon dilantik. Ada juga yang dikukuhkan pada posisi jabatan struktural, ada pula yang dikembalikan ke posisi awalnya sebagai tenaga fungsional.

Proses pengukuhan ratusan pejabat struktural itu dipimpin langsung Pj Bupati Bombana, Hj Sitti Saleha di Aula Kantor Bupati Bombana, kemarin. Tidak main-main, saking banyaknya pejabat yang dilantik, seremoni serah terima jabatan tersebut harus menghabiskan waktu sekitar 4 jam. Mulai pukul 14.00 Wita dan tuntas pukul 18.00 Wita. Para pejabat yang dilantik juga harus berdiri lama dalam kurun waktu tersebut. Sebagian pejabat yang ikut dilantik ada yang harus duduk melantai sambil menunggu giliran.

Hj Sitti Saleha mengatakan, pelantikan 769 pejabat itu merupakan tuntutan dan regulasi terbitnya peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah. “Harapan saya, mutasi atau rotasi bisa memberi harapan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan publik agar lebih baik,” katanya.

Mantan Kadisperindag Sultra itu menambahkan, proses pengukuhan ratusan pegawainya itu sudah melalui prosedur dan mekanisme yang ditentukan. Mulai dari tahap seleksi di tingkat Baperjakat hingga terbitnya persetujuan Menteri Dalam Negeri. Saleha mengaku, meski dirinya sudah menempatkan 769 pejabat di level eselon dua, tiga dan empat, namun dia merasa yakin, masih banyak pegawai yang belum terakomodir.

“Saya akui, saya belum bisa mengakomodir keinginan teman-teman. Ini karena sangat terbatasnya jabatan yang ada. Namun saya berpesan, pelantikan hari ini bukan akhir dari segalanya. Karena saya tetap akan mengevaluasi kinerja eselon dua tiga dan empat. Olehnya itu, saya berharap semua pejabat yang sudah dilantik, benar-benar fokus dan bekerja dibidangnya masing-masing sesuai yang diharapkan,” katanya.

Sementara Sekretaris Daerah Bombana, Burhanuddin A HS Noy merinci, dari 769 pejabat struktural yang dilantik kemarin terdiri dari eselon I A sebanyak 1 orang, eselon II B, 29 orang, eselon III A sebanyak 67 orang, serta eselon III B sebanyak 99 orang. Sementara untuk eselon IV A sebanyak 444 orang dan IV B sebanyak 129 orang.

Dari 769 pejabat yang dilantik, juga terdapat sejumlah camat. Diantaranya, Camat Tontonunu, Muhlifu. Dia digeser menjadi tenaga fungsional (guru), posisinya digantikan Burhan, SE. Camat Mataoleo, Silfatman, dia juga dikembalikan menjadi guru.

Sebagai penggantinya di tunjuk Edy, S.Ag. Camat Rarowatu, Zainal juga dikembalikan menjadi guru. Sebagai penggantinya diangkat Alpian I Pimpie. Sejumlah Camat di Pulau Kabaena juga bergeser. Dari enam camat yang ada, hanya Camat Kabaena Selatan, Syamsul Hidayat dan Camat Kabaena Tengah, Rajman yang tidak diganti. Sementara empat Camat lainnya turut bergeser. (nur/b)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top