Surunuddin Mutasi Ratusan Pejabat Eselon II dan III – FAJAR Sultra
News

Surunuddin Mutasi Ratusan Pejabat Eselon II dan III

ANDOOLO – Mengawali aktifitas di tahun 2017, Bupati Konawe Selatan H Surunuddin Dangga melakukan perombakan kabinet besar-besaran, ratusan pejabat eselon II dan III lingkup pemerintah daerah Konsel berganti.

Surunuddin saat melantik sejumlah pejabat eselon II dan III di Konsel

Pelantikan pejabat tersebut berlangsung di Aula Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Konsel, Selasa (3/1), kemarin.

Surunuddin menegaskan, pelantikan itu merupakan amanah yang diberikan kepada sejumlah pejabat lingkup pemda Konsel.

Selain itu lanjutnya, perombakan itu bagian dari reformasi birokrasi, juga melegalkan sejumlah pejabat dengan adanya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru di tahun 2017. “Kita memberikan legalisasi sesuai amanah PP No 18 tahun 2016 terkait adanya OPD baru,” ujar Surunuddin.

Sejumlah pejabat eselon II mengalami pergesaran yakni Kepala BPMD Konsel, Syaifullah dinonjob dan posisinya digantikan I Putu Darta yang sebelumnua menjabat sebagai Kepala Perizinan dan Penanaman Modal.

Kadis Perhubungan diisi oleh Sajuddin Idris menggantikan Armansyah yang bergeser Kepala BPBD, Ichsan Porosi bergeser menjadi Kadis PU, menggantikan Saala yang diparkir menjadi Asisten Setda Konsel.

Kepala Dinas Sosial Djusachri diparkir menjadi staf ahli Setda Konsel sedang posisinya digantikan Burahim yang tadinya menjabat Kadis Pariwisata.
Sementara Dr Sahlul digesar menjadi Kepala Balitbang Konsel yang tadinya menjabat Kadispenda.

Sepeninggal Sahlul, jabatan Kadispenda digantikan Sahrin Saudale yang sebelumnya menjabat Kepala Inspektorat Daerah yang kini dijabat oleh Mujahiddin meninggalkan Distamben yang sudah dilebur.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Konsel yang sebelumnya dijabat Burhanuddin bergeser menjabat Kepala Badan Lingkungan Hidup Konsel.

Plt Dinkes Konsel yang dijabat Madilaa digantikan dr Maharayu yang jadi staf ahli Setda Konsel.

Sedangkan Mudianto SH yang tadinya menjabat Kadis UMKM berpindah menjabat Kadis Pemuda dan Olahraga Konsel.

Untuk Kabag Pembangunan Setda Konsel Ainal Rauf dipromosi menjabat Pelaksana jabatan Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat.

Dari pelantikan ratusan pejabat itu, masih banyak jabatan strategis yang masih lowong alias belum terisi. Yakni, Dinas Pariwisata, Dinas UMKM, Satpol PP, BKD, RSUD Konsel, Dinas PK, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Dinas Perizinan dan Penanaman Modal.

Selain melantik pejabat eselon II, Surunuddin Dangga juga melakukan penyegaran 16 dari 25 camat di Konsel. Beberapa camat diparkir tanpa jabatan dan adapula digeser menjadi kepala bidang di SKPD.

Selain itu, beberapa PNS yang memenuhi jabatan eselon IIIa juga dipromosi menjadi kepala bidang di SKPD.

Surunuddin menuturkan, banyaknya pejabat yang dilantik tak terlepas dari OPD baru yang dengan jabatan yang sama namun tetap dilantik dijabatan sebelumnya.

Dalam sambutannya dia, menegaskan akan melakukan evaluasi selama satu tahun jabatan. “Bila tak maksimal bekerja sesuai dengan visi misi pembangunan daerah maka tak menutup kemungkinan jabatan itu akan kembali kita copot,” tegasnya.

Surunuddin juga menyampaikan rasa kekecewaan, adanya pejabat yang dilantik tetapi tak menghadiri pelantikan.

“Kalau yang disebutkan namanya tidak hadir, maka SK-nya kita batalkan saja. BKD kita minta untuk mendata pejabat yang dilantik tetapi tidak menghadiri pelantikan. Karena ini banyak yang tambah libur. Sebab, masih banyak PNS yang siap untuk dilantik,” tegasnya lagi.

Menurutnya, dengan pelantikan itu ditahun 2017 merupakan tahun kerja bagi Pemda Konsel.

Olehnya itu, dia berharap agar para camat dapat menunjukan kinerjanya, dengan menciptakan Adipura di tiap kecamatan.

“2017 ini kita akan lebih banyak turun ke desa. Untuk mengevaluasi kinerja. Kalau tidak sesuai maka kita copot. Pelantikan ini pula sesuai profesionalisme dan disiplin ilmu. Kita dorong profesionalisme agar mendorong kemampuan ilmiah dalam bekerja,” tegasnya.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan akan dilakukannya pelantikan bagi petugas kecamatan dan Kepala Sekolah, yang rencananya akan dilantik di kecamatan masing-masing.

“Sebab, kami melihat banyak pegawai kecamatan yang namanya tercatat sebagai pegawai kecamatan namun tak pernah masuk berkantor. Saya meminta kepada masyarakat agar melaporkan pegawai seperti ini,” sambutnya.

Dipenghujung sambutannya, Surunuddin mengatakan jika sembilan dinas yang masih kosong tersebut akan dilakukan asessment terbuka bagi para PNS yang memenuhi syarat, dalam mengisi jabatan di sembilan SKPD yang masih kosong. (ram/ags)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top