Abrasi, 20 Rumah Terancam Hilang – Fajar Sultra
News

Abrasi, 20 Rumah Terancam Hilang

WANGGUDU – Sebanyak 20 rumah di desa Lambuluo kecamatan Motui Kabupaten Konawe Utara terancam hilang. Rumah yang berada jauh dipinggir pantai ini, kini berada dibibir pantai akibat abrasi pantai.

daratan desa Lambuluo yang kini telah menjadi lautan akibat abrasi air laut.

Penduduk yang berada didaerah itu kini was-was akan nasibnya. Pasalnya abrasi yang terjadi sangat cepat. Kini mereka telah kehilangan tanah dan pekarangan rumah.

Abrasi pantai yang semakin parah ini tidak pernah terjadi sebelum adanya pelabuhan batu bara oleh PT Virtu Dragon Nickel Industry di desa Lambuluo. Adanya pelabuhan itu, gelombang tiap hari menghantam daratan yang dihuni 20 KK ini.

Kondisi ini telah dikeluhkan warga, salah satunya, Abuhaera (80 thn). Dirinya meminta agar perusahaan perduli terhadap nasib warga. Dari abrasi itu, dirinyapun terpaksa merelakan kuburan keluarganya hilang.

“Tanah saya sudah habis. Kini makam anak cucu saya juga telah terbawa air laut akibat abrasi pantai. Tolong bantu kami,” pinta Abuhaera.

Isna (22 thn), ibu rumah tangga juga mengeluhkan dampak abrasi tersebut. Dirinya sangat kecewa dengan sikap perusahaan yang sama sekali tidak peduli. Jangankan memberi ganti rugi, mengunjungi lokasi tidak dilakukan.

“Setelah ada ini pelabuhan PT.VIRTU, imbasnya lokasi kami dihantam arus air laut namun perusahaan tidak perduli terhadap kami. Jangankan memberi bantuan, berkunjung saja tidak pernah, ” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Motuo, Gunawan, yang dikonfirmasi membenarkan hal itu. Kondisi itu, bahkan telah dilaporkan kepada Bupati dan Wabup konut baru-baru ini.
“Menyikapi masalah tersebut, saya sudah melaporkan kepada pemerintah Daerah agar segera menyikapi keluhan warga. Bahkan Tim dari Pemda sudah turun melihat langsung,” kata Gunawan kepada media ini. (hdi/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top