Bupati Wajibkan Kultum Jelang Zuhur – FAJAR Sultra
News

Bupati Wajibkan Kultum Jelang Zuhur

TIRAWUTA – Selain mewajibkan salat lima waktu di masjid bagi semua SKPD, Bupati Kolaka Timur (Koltim) juga menginstruksikan untuk menghidupkan kembali Kuliah tujuh menit (kultum) jelang waktu salat zuhur.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Masjid Kabupaten Koltim ini, penegasan itu disapaikan untuk seluruh jajarannya bagi setiap muslim utamanya pria.

Menurutnya jika iman sesorang baik, maka pekerjaannya pun demikian bisa maksimal.

“Ibadah dan pekerjaan berbanding lurus, jika ibadahnya baik maka apapun yang dikerjakan pasti maksimal. Pekerja yang seperti ini yang sangat dibutuhkan di pemerintahan karena dedikasinya untuk kemajuan daerah,” ucap bupati, di Masjid Al Akbar Desa Lalingato, Kamis (5/1).

Selain itu, dirinya juga menyayangkan jajarannya yang tidak lagi menghidupkan Kultum sebelum ibadah zuhur. “Kurang lebih dua bulan ini, kultum tidak pernah lagi dijalankan. Apa karena saya jarang salat di masjid ini sehingga tidak ada lagi yang mau kultum, atau ada hal lain,” jelasnya.

Menurut Tony, menjalankan perintah agama, seperti kultum atau menyampaikan hal baik pada orang lain, adalah sebuah keharusan yang tidak bisa dipaksanakan dan lahir dari kesadaran diri sendiri. “Untuk itu, Kabag Kesra, segera buat jadwal ulang pelaksanaan kultum ini. Kalau bisa, buat lagi surat edaran untuk mengingatkan pentingnya kultum tersebut,” imbuhnya.

Perintah tersebut pun diamini oleh Kabag Kesra, Ayi Wahyudin yang bakal mengagendakan program dan jadwal ceramah bagi setiap kepala SKPD di Masjid.

“Kami akan segera menyusun agendanya. Saya juga ini merupakan terobosan yang baik bagi SKPD selain untuk meningkatkan sektor iman dan taqwa juga memberikan dampak positif bagi roda pemerintahan yang bersih.(cr2/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top