Oknum Polisi Tembak Warga – FAJAR Sultra
News

Oknum Polisi Tembak Warga

foto-alin-baubau-1024x576

BAUBAU – Kepemilikan dan penggunaan senjata api nampaknya harus diperketat lagi pengawasannya apalagi diberikan kepada penegak hukum yang belum mampu mengontrol emosinya. Baru-baru ini, oknum anggota kepolisian Polres Buton melayangkan timah panas terhadap La Sini, di Kelurahan Wajo Kecamatan Murhum Kota Baubau tepat menembus dipaha kanannya.

La Sini warga Kelurahan Katobengke Kecamatan Betoambari Kota Baubau terbaring lemah saat sebutir timah panas milik polisi menembus paha kanannya, Rabu (4/1).

Kapolres Baubau, AKBP Suryo Adji SIK menuturkan, pihaknya baru saja mengungkap pelaku penembakan warga dengan lokasi kejadian di Kelurahan Wajo itu.

Dimana, dari hasil penyelidikan dan pengembangan pihaknya berhasil mengungkap pelaku yang tidak lain merupakan anggota kepolisian Polres Buton yang berpangkat Brigadir Satu (Briptu).

“Kami sudah mengamankan Muhammad Muharam alias Mumun pada Selasa malam sekitar pukul 19.30 WITA. Pelaku ini merupakan anggota intelkam Polres Buton yang merupakan warga Kelurahan Wajo Kecamatan Murhum Kota Baubau,” tuturnya.

Kata dia, dari hasil penyidikan, pihaknya berhasil mengungkap motif pelaku yang tidak lain diakibatkan nyawanya terancam. Dimana, korban (La Sini,red) mempertontonkan sebilah parang dan menanyai pelaku dengan nada keras,” tuturnya.

“La Sini datang di Wajo dengan seorang temannya yakni La Nandi menggunakan sepeda motor. Tiba disana (Wajo,red) La Sini langsung menghampiri oknum polisi tersebut yang tengah asik kumpul bersama rekan-rekannya,” tambahnya.

Dia menambahkan, sebelum melayangkan timah panas tepat dipaha La Sini, oknum anggota Polres Buton itu sempat melayangkan tembakan peringatan diudara. Namun upaya tersebut tidak diindahkan oleh La Sini sehingga oknum anggota kepolisian berpangkat Briptu itu langsung mengarahkan senjata apinya ke paha kanan korban.

La Sini yang datang dengan parangnya membuat rekan-rekan pelaku kocar-kacir menyelamatkan diri. Mendengar tembakan peringatan La Sini dengan senjata parang ditangan hendak kabur. Namun oknum polisi langsung melayangkan timah panas tepat di paha korban.

Sementara itu, korban (La Sini,red) yang ditemui di RSUD Palagimata Kota Baubau membantah keras tudingan dirinya membawa senjata tajam dan melakukan pengancaman di Kelurahan Wajo Kecamatan Murhum Kota Baubau itu.

Yang ada, dirinya bersama rekannya tersebut ingin mengambil motornya yang diamankan oleh warga setempat.

“Saya kasian datang disana hanya untuk mengambil motor saja. Dimana motor saya ditahan sama orang Wajo,” ujarnya.

Diterangkan, pihaknya sempat mendengar letusan senjata api milik oknum polisi itu. Dimana, pada saat kejadian sempat terjadi keributan sehingga cara untuk melerainya hanyalah dengan tembakan peringatan oleh oknum polisi itu.

“Ketika saya dengar suara tembakan saya memilih untuk menghindar dengan teman saya yang membawa kendaraan juga. Tapi saya langsung ditembak oleh oknum polisi itu ketika kami hendak pulang ke rumah,” keluhnya.

Kini pelaku telah diamankan di Mapolres Baubau untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut. Selanjutnya diserahkan ke Propam Polres Buton untuk menjalani proses hukum. Namun demikian, beredar informasi bahwa kedua belah pihak telah bersepakat damai yang dimediasi oleh pihak Polsek Murhum yang dihadiri sejumlah petinggi Polres Buton dan keluarga korban. (m1/b/hum)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top