Pemilih Ganda di Kendari Berpotensi Picu PSU – Fajar Sultra
News

Pemilih Ganda di Kendari Berpotensi Picu PSU

KENDARI – Adanya pemilih ganda dalam daftar pemilih tetap (DPT) Kota Kendari menimbulkan kekhawatiran. Selain dipredikasi akan menjadi masalah dalam pemilihan wali kota, pemilih ganda yang tercantum di DPT dianggap bisa memicu terjadinya pemungutan suara ulang (PSU) manakala KPU Kendari tidak mengantisipasi dengan baik.

Pengamat Politik Universitas Halu Oleo Dr Najib Husain mengatakan pilkada Muna yang berlangsung hingga dua kali PSU harusnya menjadi pelajaran bagi KPU daerah lain. Di sana, katanya, ketidakakuratan dalam mendata pemilih menyebabkan biaya yang dikeluarkan makin banyak.

Sejak awal, kata dia, KPU Kendari sudah diwanti-wanti agar mengantisipasi adanya data yang tidak akurat.

“Salah satu data tidak akurat adalah adanya pemilih ganda. (Pemilih ganda) ini sangat membahayakan hasil pemilu nantinya karena hasil pemilu bisa dianggap tidak berlangsung jujur dan terjadi manipulasi data,” ungkapnya saat dihubungi via telepon, Kamis (5/1).

Menurut Najib Husain, manakala KPU tidak mengantisipasi pemilih ganda maka ruang untuk terjadinya PSU akan terbuka.

“Karena proses pemilihan dianggap tidak bersih,” ujarnya.

Saat ini, KPU harus mengantisipasi jangan sampai pemilih ganda yang terdata dalam DPT justru memilih di TPS. Karena itu,pelaksana pilkada di tingkat bawah baik dari KPU dan Panwaslu harus mengawasi ketat orang-orang yang menyalurkan hal pilih di TPS.

“Karena kalau pemilih ganda ini memilih maka itu sangat berbahaya,” jelasnya.

Najib mengatakan adanya pemilih ganda dalam DPT menjadi indikator bahwa ada satu mekanisme yang tidak dijalankan KPU secara maksimal. Mekanisme yang dimaksud adalah pendataan data pemilih di lapangan yang menekankan by name by address. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top