Bandara Sugimanuru Belum Beroperasi – FAJAR Sultra
News

Bandara Sugimanuru Belum Beroperasi

♦ Tunggu Mobil Pemadam

LAWORO – Pengoperasian Bandar Udara (Bandara) Sugimanuru mulur dari jadwal yang telah ditentukan. Sebelumnya, bandara yang terletak di Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat ini dijadwalkan beroperasi awal 2017 ini, namun itu urung terjadi

Tim dari Kementerian Perhubungan meninjau kesiapan Bandara Sugimanuru pertengahan Desember 2016 lalu.

Pj Bupati Muna Barat, Dr Rony Yacob Laute mengatakan, pengoperasian Badara Sugimanuru masih menunggu pengadaan mobil pemadam yang akan disiapkan Pemkab Muna. “Tinggal menunggu mobil pemadamnya saja. Satu dari Muna Barat dan satu dari Kabupaten Muna. Muna Barat sudah ada, tinggal Muna induk belum mereka serahkan,” ungkap Rony.

Kepala Biro Layanan Pengadaan Barang dan Jasa ini bilang, jika mobil pemadam telah ada, maka penerbangan dengan rute Muna Barat-Makasar sudah bisa beroperasi. “Semua sudah siap, landasan sudah jadi. Pesawatnya juga sudah siap. Kalau mobil pemadamnya sudah diserahkan, maka langsung beroperasi,” jelasnya.

Dua maskapai penerbangan dikabarkan sudah siap terbang perdana di Badara Sugimanuru. Yakni Lion Air dan Garuda Indonesia. Lion akan terbang empat kali seminggu, sementara Garuda dua kali seminggu. Rony yakin, jika bandara beroperasi, akan mengangkat pertumbuhan ekonomi masyarakat Muna Barat. (p1/b/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top