Enam Desa Teraliri Listrik PLTS – FAJAR Sultra
News

Enam Desa Teraliri Listrik PLTS

PLTS-kolaka

KOLAKA – Pemerintah Kabupaten Kolaka membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di enam desa yang berada di Kecamatan Tanggetada dan Watubangga. Pembangunan PLTS di dua kecamatan itu bersumber dari APBN 2016 sebesar Rp 37 miliar.

Pekerja membersihkan panel tenaga surya di Desa Bo’a, Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Rabu (12/08). Sebanyak 120 rumah di desa tersebut menggunakan listrik dari lima unit kincir angin dan 78 unit panel panas matahari. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc/15.

Enam desa yang menjadi objek pembangunan PLTS yaitu desa Petudua, Lamoiko, Kastura, Langgosipi, Pundaipa, dan desa Pewisoa Jaya. Ke enam desa tersebut merupakan wilayah yang belum dialiri listrik.

Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei mengatakan, pembangunan PLTS merupakan salah satu program Pemda Kolaka yang tertuang dalam sembilan program prioritas Strategi Mekongga Sejahtera Bekerja dan Berkarya (SMS Berjaya) dalam hal pemenuhan kebutuhan listrik sampai ke pelosok desa.

Dikatakan, besaran kapasitas listrik yang disalurkan di enam desa itu jumlahnya bervariasi, dimulai dari 20 kWp hingga 50 kWp. Selain itu, pembangunan PLTS itu sudah bisa dinikmati oleh 1020 rumah dan 68 fasilitas umum sejak awal Oktober.

Karena itu, Ia berharap agar masyarakat dapat merawat dan menjaga PLTS yang telah disalurkan oleh pemerintah sehingga dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

“Bantuan itu berasal dari uang masyarakat berupa pajak dan retribusi, jadi masyarakat harus bisa menjaganya,” pinta Safei. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top