Aset Distamben Dibagikan kepada Empat SKPD Baru – FAJAR Sultra
News

Aset Distamben Dibagikan kepada Empat SKPD Baru

noimage-150x150

KOLAKA, BKK– Pasca beralihnya kewenangan sektor pertambangan dan energi dari kabupaten/kota ke provinsi, semua aset milik dinas pertambangan dan energi berupa gedung, mesin dan peralatan kantor dibagi-bagikan kepada empat instansi yang baru dibentuk maupun yang telah ada.

Kabid Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muhammad Said Hafid yang ditemui Sabtu (7/1), mengatakan, setelah Distamben ditiadakan di kabupaten, otomatis semua aset yang dimiliki diberikan pada empat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), khususnya yang baru saja terbentuk.

Dia merinci, untuk tanah dan gedung eks Distamben, diberikan kepada Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah. Sebagian mobiler seperti laptop, meja dan peralatan kantor, diberikan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga.

Sementara alat transportasi, berupa mobil truk dan semua yang berhubungan dengan kelistrikan diberikan kepada dinas perumahan dan kawasan permukiman. Sebagian peralatan kantor juga diberikan pada dinas pariwisata.

Menurut Said, beberapa instansi baru juga telah menempati kantornya, yakni Dinas Perkebunan dan Peternakan menempati kantor eks Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kelautan (P4K). Sedangkan kantor eks Perkebunan ditempati Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Adapun Dinas Pemuda dan Olahraga berkantor di Stadion Gelora. Sementara Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) berkantor di Akademi Keperawatan (Akper) Pemda Kolaka, mengingat saat ini, sekolah tingkat SMA/sederajat, akademi dan perguruan tinggi juga sudah berada di bawah kewenangan Pemprov Sultra.

“Semua lagi didata. Apalagi Bupati sudah mengintruksikan hari Senin (hari ini red.), tidak ada lagi alasan bagi instansi atau badan untuk tidak menempati kantor yang telah ditunjukan,” tambahnya.

Hal yang sama juga terjadi di dinas kehutanan yang juga kini dibawahi Pemprov Sultra. Asetnya, seperti tanah dan gedung diambil alih dinas perumahan dan kawasan permukiman.

Semua kendaraan roda dua yang sebelumnya dikuasai pegawai dinas kehutanan, diserahkan kepada Pemda Kolaka. Sementara SMA/sederajat, semua aset dan pegawainya diserahkan kepada Pemprov Sultra. (cr3/c/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top