Jaksa Bakal Menyisir Seluruh Desa di Butur – FAJAR Sultra
News

Jaksa Bakal Menyisir Seluruh Desa di Butur

BURANGA – Untuk seluruh Kepala Desa di Kabupaten Buton Utara (Butur) bersiap-siaplah kedatangan para jaksa. Sebab Kejaksaan Negeri Muna, mulai di tahun 2017 ini sudah mulai akan menyasar semua desa-desa di seluruh Butur kaitannya dengan penggunaan dana desa.

Hal tersebut akan dilakukan pihak Kejaksaan Muna sebagai tindak lanjut dari adanya program Kejaksaan Tinggi Sultra dimana salah satunya adalah, Jaksa masuk desa. Program ini dilakukan untuk mengawal penuh penggunaan dana desa sekaligus melakukan penyelidikan jika ditemukan adanya pelanggaran.

Kepala Kejaksaan Negeri Muna, Badrut Tamam menyatakan, siap menjalankan seluruh program yang sudah dicanangkan Kejati Sultra tersebut.

“Terkait program Kejati Sultra, saya siap menjalankannya dalam mengawal pembangunan pedesaan di Buton Utara, salah satunya memastikan apakah penggunaan dana desa sesuai regulasi atau tidak,” ujar Badrut Tamam.

Dibalik rencana tersebut, mantan Koordinator Kejati Sumatera Barat itu berharap jika di Buton Utara bisa banyak desa yang siap mendeklarasikan diri untuk memerangi korupsi.

“Untuk Kabupaten Muna sudah ada satu desa menyatakan siap mendeklarasikan diri sebagai desa yang bebas akan korupsi. Untuk di Buton Utara, saya berharap kepala desa di Buton Utara lebih pro aktif menyambut program jaksa masuk desa,” jelasnya.

Sekedar diketahui, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Buton Utara tahun 2017 telah ditetapkan sebesar Rp 603 miliar. Salah satu pagu anggaran yang cukup besar diporsikan untuk mengoptimalkan pembangunan pedesaan sebesar Rp 42 miliar,untuk membiayai pembangunan di 78 desa yang ada di Buton Utara. (m3/b/hum)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top