SMAN 1 Kendari Siap Gelar UNBK – FAJAR Sultra
News

SMAN 1 Kendari Siap Gelar UNBK

♦ Meski Tak Masuk Daftar Pelaksana UNBK

KENDARI – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan aturan pelaksanaan UN dengan dua cara yaitu ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan ujian nasional paper test.

Beberapa sekolah di Sultra sudah didata sebagai penyelenggara UNBK. Di Kota Kendari, SMAN 1 Kendari siap melaksanakan UNBK meskipun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara tidak memasukkan sekolah ini dalam daftar sekolah calon pelaksana UNBK tahun 2017 di Kota Kendari.

Muh Ali

Kepala SMAN 1 Kendari Muh Ali, mengaku tidak mengetahui mengapa SMAN 1 Kendari tidak masuk dalam daftar sekolah calon pelaksana UNBK tahun 2017 yang dikeluarkan oleh Dikbud Provinsi Sultra. Padahal, sebelumnya SMAN 1 Kendari selalu masuk dalam daftar sebagai sekolah yang melaksanakan kegiatan uji kompetensi guru (UKG) menggunakan komputer.

“Pelaksanaanya terus dilaksanakan di sana. Olehnya itu, tidak ada alasan bila tidak melaksanakan UNBK,” ujar Muh Ali.

Pihaknya, belum mengetahui apakah ujian akan dilaksanakan menggunakan komputer atau paper test. Tetapi mereka siap melaksanakan UN dengan kedua cara tersebut.

Meski demikian, lanjutnya, bila dipresentasikan satu komputer banding tiga siswa, jelas belum bisa dan memungkinkan karena peserta lebih dari 400. Sementara komputer yang ada di SMAN 1 saat ini hanya berjumlah 20 buah.

“Namun, kami akan usahakan. Apapun yang diperintahkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra kepada SMAN 1 Kendari. Saya kira kami sudah siap,” ujarnya. Sabtu (7/1).

Katanya, bisa saja dengan komputer yang ada, akan digunakan secara bergiliran oleh peserta ujian, namun waktu pelaksanaan ujian bisa diperpanjang dari tiga hari menjadi 10 hari.

Dia mengungkapkan, bila dilihat wacana-wacana di televisi baik pernyataan dari Kemendikbud maupun Presiden, bahwa sekolah-sekolah di pelosok masih menggunakan paper test. Sedangkan di kota diharapkan melaksanakan UNBK. Jadi pihaknya hanya menunggu kesimpulan dan aturan yang ada. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top