Dinas Kebersihan Mengoptimalkan Manfaat Gas Metan – Hacked by TryDee
News

Dinas Kebersihan Mengoptimalkan Manfaat Gas Metan

KENDARI – Dinas Kebersihan Kota Kendari akan terus mengoptimalkan pengolahan sampah menjadi tenaga listrik atau penghasil gas metan, sehingga banyak bermanfaat bagi masyarakat luas.

Penangkapan gas metan di TPAS Puuwatu, Kota Kendari, yang kemudian digunakan untuk memasak, penerangan, dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Ir Hj Tin Farida selaku Kepala Dinas Kebersihan Kota Kendari, bahkan saat ini pengolahan gas metan di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Puuwatu belum terlalu optimal, dikarenakan masih ada gas yang terbuang percuma dan tidak dimanfaatkan.

“Untuk saat ini penggunaanya sudah optimal namun pengolahanya belum maksimal sebab apabila diolah dengan tidak baik maka gas methane ini akan kembali menjadi udara dan itu tidak baik untuk manusia,” ungkapnya.

Dia mengatakan, terdapat 200 Kepala Keluarga (KK) yang mendiami TPAS Puuwatu dengan total 126 unit rumah yang dialiri listrik dengan pengolahan sampah menjadi gas methane.

“Tetap diupayakan kedepan agar pengelolaan gas methane lebih bagus lagi agar dapat dinikmati oleh lebih banyak rumah tangga,” ucapnya.

Tambahnya, sejak pembangunan awal tahun 2012 sudah sebanyak 126 unit yang merasakan listrik dari pengolahan sampah menjadi gas methane, selain itu masyarakat sekitar juga bisa memilah dan memanfaatkan sampah untuk menghasilkan rupiah.

“Kedepannya diharapkan semua warga disekitar TPAS sudah bisa menikmati listri dari gas methane, dengan rumah bantuan 100 unit akan segera diresmikan, sehingga pengolahan gas methane akan segera dimaksimalkan lagi,” tutupnya. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top