Laporan Dugaan Korupsi Sertifikasi Akan Digelar – FAJAR Sultra
News

Laporan Dugaan Korupsi Sertifikasi Akan Digelar

KENDARI – Subdit Tipikor Direskrimsus Polda Sultra dalam waktu dekat akan menggelar perkara terkait laporan dugaan kasus korupsi dana sertifikasi tunjangan guru di Diknas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe.

Gelar perkara tersebut menyusul setelah penyidik yang menangani kasus itu usai memintai keterangan atau klarifikasi dari sejumlah saksi yang telah dihadirkan di Mapolda Sultra.

Gelar perkara tersebut sekaligus untuk menentukan layak dan tidaknya kasus itu ditingkatkan ke tahap penyelidikan. Sebelumnya Kasus ini belum lama dilaporkan ke Polda Sultra, oleh sejumlah masyarakat.

“Dalam waktu dekat ini akan dilakukan gelar perkara apakah kasus ini layak ditingkatkan ke penyidikan atau tidak,” kata Kasubbid PID Humas Polda Sultra Kompol Dolfi Kumaseh, Senin (9/1).

Untuk diketahui dalam laporan masyarakat, dana sertifikasi tunjangan guru di Konawe pada tahun anggaran 2015 itu sebesar Rp 34 miliar. Anggaran tersebut semestinya diserahkan kepada 1.119 guru, akan tetapi sampai saat ini dana tersebut belum diterima oleh para guru, selama dua triwulan.

Sementara berdasarkan surat dari Sekertaris Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33130/A.A1.A/PR/2016 1 Juli 2016, kepada Gubernur, Bupati dan Walikota se- Indonesia. Kabupaten Konawe merupakan sala satu Daerah yang diinformasikan bahwa ada penghentian penyaluran dan tunjangan profesi guru dan tambahan penghasilan guru tahun anggaran 2016.

Dalam surat tersebut Total penghentian penyaluran tunjangan profesi guru selama triwulan tiga sebesar Rp 25.969.228.250 Milyar. Sedangkan untuk penghentian penyaluran dana tambahan penghasilan guru PNSD tahun anggaran 2016 selama semester dua sebesar Rp 282.000.000 juta. (p2/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top