Plt Rektor Tanda Tangan Ijazah Tak Jadi Soal – Hacked by TryDee
News

Plt Rektor Tanda Tangan Ijazah Tak Jadi Soal

KENDARI – Pemilihan rektor (Pilrek) Universitas Halu Oleo (UHO) segera dilakukan mulai awal lagi, menyusul turunnya surat dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang ditandatangani Sekretariat Jenderal (Sekjen).

Prof Supriadi Rustad

Meski baru akan kembali dilaksanakan Pilrek, hal tersebut tak akan berdampak pada pelaksanaan Wisuda yang tak lama lagi akan digelar.

Demikian disampaikan Plt Rektor UHO Prof Supriadi Rustad. Dia mengatakan, dalam hal penandatanganan ijazah kedepan, siapapun yang diberi mandat oleh Menristek Dikti untuk bertanda tangan, itu legal dan sah. Termasuk dirinya yang kini menjadi sebagai pelaksana tugas.

“Jadi kewenangan tertinggi adalah Menristek Dikti dan itu sudah pernah dilakukan perguruan tinggi lain. Itu juga diperkuat oleh Dekan Fakultas Hukum Prof Jufry Dewa dalam sesi tanya jawab, beliau berpendapat, secara aturan Rektor atau Pelaksana Rektor yang ditunjuk oleh Menteri adalah perpanjangan tangan menteri yang ada di daerah. Jadi siapapun yang diberi mandat untuk menandatangani Ijazah adalah sah menurut hukum, termasuk saya,” ucapnya, kemarin.

Supriadi juga berpesan kepada civitas akademika UHO agar bersama-sama mengembalikan UHO ke visinya, yaitu menjadi perguruan tinggi yang unggul, bermartabat dan berbudaya akademik.

“Mari membangun budaya akademik, bukan budaya politik, serta fokus membenahi diri di dalam (internal kampus),” pesannya.

Katanya, yang menjadi perhatian penting yaitu pertama mengenai keadilan, kesamaan pembagian perhatian pimpinan kepada seluruh birokrasi kampus UHO. Kedua mengenai pemilihan rektor yang akan mempengaruhi civitas akademik yang ada di UHO dan banyak juga yang menanyakan tentang penandatanganan ijazah pada saat wisuda (keabsahan ijazah) nanti. (p11/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top