Dari Konsel Hingga ke Konut – Fajar Sultra
News

Dari Konsel Hingga ke Konut

♦ Kunjungi Sultra, Mentan Hadiri Berbagai Kegiatan

ANDOOLO – Hari ini, Rabu (11/1) Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman dijadwalkan berkunjung ke kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Oleh Pemda Konsel, kehadiran Mentan RI telah mempertegas posisi kabupaten Konsel sebagai daerah penyandang sentra bibit sapi nasional.

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman

“Dampak kedatangan menteri di Konsel memberikan pengakuan daerah kita sebagai wilayah sentra bibit sapi nasional,” tutur Wakil Bupati Konsel Arsalim.

Dirinya mengungkapkan, Mentan RI tahu kabupaten Konsel memiliki potensi pertanian dan peternakan. Salah satunya, adalah potensi pengembangan pabrik gula, yang telah dirindukan daerah ini selama 40 tahun, dan adanya potensi pengembangan ternak ayam petelur, sesuai hasil penemuan badan penelitian.

“Disamping itu adanya keberadaan upaya khusus (upsus) dari tanaman padi, jagung dan kedelai. Sehingga dengan kedatangan menteri ini memberikan angin segar bagi para petani dan peternak di Konsel juga pemerintah daerah dalam peningkatan produksi pangan dan ternak di Konsel,” ujarnya.

Terlebih lagi, sambungnya, daerah yang sedang dipimpin Surunuddin dan dirinya telah penyandang sebagai sentra bibit sapi nasional, yang ada di empat kecamatan yakni kecamatan Buke, Baito, Palangga dan Tinanggea. “Olehnya, itu pemerintah daerah juga mengalokasikan anggaran APBD untuk membantu peternak dalam pengembangan populasi sapi di Konsel,” paparnya.

Tercatat, tambah dia, di Konsel populasi sapi hingga tahun terakhir ini mencapai 63 ribu ekor juga sebagai daerah pemasok sapi di Sultra. Sehingga kedepan, Konsel bukan saja memasok sapi untuk daerah lain, tetapi sebagai daerah pemasok daging.

Selain ke Konsel, Mentan juga dijadwalkan akan berkunjung ke kabupaten Konawe Utara (Konut) pada 14 Januari, untuk melakukan penanaman perdana jagung hibrida. Hal itu setelah Pemda Konut telah menargetkan akan mengembangkan jagung hibrida.

Hal ini diakui Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sultra Muhammad Nasir. Dimana, Mentan Andi Amran Sulaiman berkunjung ke Sultra selama tiga hari, terhitung hari ini, 11 hinga 13 Januari. Rencananya, melalui pesawat Garuda tiba di Kendari pukul 10:30 Wita. Dirinya mendampingi Gubernur Nur Alam akan melakukan penjemputan sebelum bertolak ke Konsel.

“Jadi memang pak menteri ke Sultra untuk berkunjung ke beberapa daerah, dalam rangka memberikan perhatian terhadap peningkatan komoditi pangan nasional,” kata Nasir.

Selanjutnya, pada 13 Januari Menteri Amran akan menghadiri rapat kerja ketahanan pangan tingkat Provinsi Sultra, bertempat di Grand Clarion Hotel dan Convention Kendari. Kedatangannya juga akan mengisi kuliah umum tentang pertanian di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, sebelum bertolak kembali ke Jakarta. (ram/b/ags)

Agenda Menteri Pertanian RI

Rabu, 11 Desember 2017
* Berkunjung ke Konsel Meresmikan Sentra Bibit Sapi Nasional
Kamis 12 Desember 2017
* Mengikuti Penanaman Jagung Hibrida di kabupaten Konut
Jumat, 13 Desember 2017
* Mengikuti rapat kerja ketahanan pangan tingkat Provinsi Sultra di Grand Clarion Hotel dan Convention Kendari.
* Mengisi kuliah umum di Universitas Halu Oleo Kendari

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top