Konkep Butuh 612 Guru PNS, Minat ?Simak Nih… – Fajar Sultra
News

Konkep Butuh 612 Guru PNS, Minat ?Simak Nih…

KENDARIPOS.CO.ID LANGGARA- Sebagai daerah otonomi baru (DOB), Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) masih butuh beberapa penyesuaian. Salah satunya terkait tenaga pengajar (guru) PNS di berbagai satuan pendidikan. Sejauh ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konkep mencatat baru memiliki 231 guru PNS.

“Melihat jumlah peserta didik pada tiga satuan tingkat pendidikan (PAUD, SD dan SMP), maka Konkep saat ini masih butuh sekira 612 guru PNS lagi,” ujar Drs. Muhamad Yani, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (10/1).

Yani mencontohkan, jumlah PAUD di Konkep saat ini sekira 30 sekolah, dengan jumlah peserta didik 937 orang. Sementara, guru PNS yang ada hanya lima orang saja. “Mestinya, dengan jumlah peserta didik seperti itu, idealnya jumlah guru minimal 60 orang,” jelasnya.

Begitu juga dengan sekolah dasar (SD). Jumlahnya ada 89 sekolah, dengan 4.743 murid. Guru yang ada sekarang hanya 128 orang. Padahal, idealnya minimal 350 orang. “Persoalan inilah yang sedang kami carikan solusinya sekarang,” katanya.

Sebenarnya, lanjut dia, ada guru honorer yang diperbantukan. Hanya saja, kembali terkendala pada persoalan honor. Artinya, honor mereka diambilkan dari dana BOS, sehingga jumlahnya terbatas. “Data yang masuk saat ini, jumlah honorer 178 orang. Itupun tidak semua guru. Ada juga tenaga administrasi. Sehingga sudah pasti belum bisa memenuhi kebutuhan ideal tenaga pengajar,” terangnya. Untuk itu, dia berharap, pemerintah pusat segera membuka kembali perekrutan CPNS supaya kekurangan itu bisa terpenuhi. (b/san)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top