Subsidi Dicabut, Ferry Rute Amolengo-Labuan Dialihkan Layani Kamaru-Wanci – FAJAR Sultra
News

Subsidi Dicabut, Ferry Rute Amolengo-Labuan Dialihkan Layani Kamaru-Wanci

KENDARIPOS.CO.ID BURANGA-KMP Ferry Bahteramas II yang biasanya melayani rute Amolengo-Labuan resmi dialihkan. Kapal dengan kapasitas mampu menampung 33 mobil satu kali beroperasi itu, kini dialihkan melayani Wakatobi-Kamaru (Kabupaten Buton). Sedangkan, KMP Ariwangan yang biasanya melayani Wakatobi-Kamaru didatangkan untuk melayani rute Amolengo-Labuan dengan kapasitas lebih kecil hanya mampu menampung 20 kendaraan roda empat.

Muh Hanafi

Plt Kadis Perhubungan Butur, Muh Hanafi menuturkan, pengalihan rute layanan KMP Bahteramas ke Wakatobi-Kamaru merupakan imbas dari pencabutan subsidi oleh pemerintah. Dimana, kata dia, untuk tahun 2017 KMP Bahteramas II tak lagi mendapatkan kucuran subsidi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negera untuk membiayai biaya operasionalnya sebesar Rp 7 miliar seperi tahun sebelumnya. Sehingga dilahikan ke Kamaru-Wakatobi dengan waktu operasional hanya dua kali dalam sepekan.

“KMP Bahteramas telah resmi dialihkan untuk melayani rute Kamaru-Wakatobi. Sedangkan, Ferry yang melayani Amolengo-Labuan kedatangan KMP Ariwangan dan telah beroperasi sejak 8 Januari lalu. KMP Ariwangan merupakan Ferry yang sebelumnya melayani Wakatobi-Kamaru,” ujar Muh Hanafi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (10/1).

Hanafi berharap, masyarakat Buton Utara tidak perlu resah dengan adanya pengalihan tersebut. Karena kapasitas KMP Ariwangan juga tidak mengecewakan mampu menampung 20 unit roda empat dengan waktu jelajah yang sama.

Mantan Kabid Kominfo Dishub Sultra itu menambahkan, meski pengalihan armada laut telah resmi diberlakukan, pihaknya belum mendapatkan surat resmi pemberitahuan dari Dishub Pemprov. “Kapal Ferry lintas provinsi memang tanggung jawab Pemprov Sultra. Kendati demikian, saya berharap ada pemberitahuan resmi mengingat melintasi Buton Utara,” tambahnya.

Menurut Hanafi, selain disebabkan subsidinya dicabut, berdasarkan hasil konfirmasi dari pihak ASDP Cabang Baubau terjadinya pengalihan tersebut berkaitan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan dalam mendukung program pariwisata di indonesia. Salah satunya di Kabupaten Wakatobi tengah diminati wisatawan domestik maupun mancanegara.

“KMP Bahtermas II menjadi pilihan utama ASDP karena memiliki sejumlah keunggulan dari kapal sebelumnya, diantaranya kapasitas muatan yang lebih besar yang dapat mengangkut hingga 33 unit kendaraan roda empat dan 500 orang penumpang. Kemudian dilengkapi fasilitas pendukung lainnya agar memberi kesan nyaman bagi para penumpang khususnya wisatawan,” tandasnya. (Hadrian)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top