Sejumlah SKPD Dijabat Plt – FAJAR Sultra
News

Sejumlah SKPD Dijabat Plt

Sekot-Kendari-yang-selalu-membantu-Wali-Kota-Kendari-dalam-perumusan-kebijakan-daerah

KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot ) Kendari sudah menunjuk Pelaksana Tugas (PLT), untuk beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup kerja Pemkot.

Sebelum defenitif suatu organisasi pelayan masyarakat yang kosong, harus lebih dulu dilakukan penunjukan oleh pimpinan untuk menjabat sebagai Plt.

Dr Alamsyah Lotunani

Hal tersebut dijelaskan Sekot Kendari, Dr Alamsyah Lotunani SE MSi saat ditemui diruanganya, bahkan sebelum ditetapkan menjadi defenitif, maka apabila terdapat SKPD yang kosong maka pimpinan wajib menunjuk Plt agar pemerintah tetap berjalan sesuai tugas masing-masing.

“Ketika satu organisasi kosong maka, pimpinan yang berwenang menetapkan PLT agar SKPD tetap berjalan, sebelum pejabat yang ditunjuk melalui proses dilantik,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, tidak ada kewajiban kalau Plt harus dilantik terlebih dahulu sebelum menjalankan tugas, bukan saja tugas kepentingan aparatur namun juga kepentingan pelayanan publik sebagai tugas utama.

“Saat ini Plt sudah menjalankan tugas sebagai mana mestinya, baik tugas layanan, maupun pengelolaan pegawai,” tuturnya.

Alasan dilakukan Plt, lanjutnya, karena harus ada izin dari kementerian dalam negeri untuk pejabat yang menduduki pimpinan melalui promosi harus assemen, termaksud pejabat esselon dua melaui ujian, guna mengetahui kemampuan pejabat dalam memimpin satu SKPD.

“Karena tahun 2017 merupakan tahun kinerja dengan setiap skpd membuat perencanaan yang harus dilakukan pada tahun tersebut,” tambahnya.

Perencanaan tersebut disampaikan kepada pimpinan dan akan menjadi bahan evaluasi prioritas sehingga kalau target tersebut tidak bisa dicapai maka hal itu menjadi alasan evaluasi agar ada ukuran yang jelas untuk masing-masing SKPD.

“Target yang sudah dilaporkan merupakan bahan evaluasi untuk kinerja dan menjadi ukuran yang jelas untuk pimpinan SKPD, ” katanya

Soal gaji PNS yang terlambat dibayarkan saat ini merupakan akibat dari beberapa jabatan yang berganti, namun saat ini sudah memasuki proses yang berjalan, sehingga PNS tidak usah cemas untuk gaji.

“Gaji terlambat merupakan akibat banyaknya jabatan yang diganti namun saat ini sudah diproses karena PLT sudah ditunjuk untuk menjabati SKPD yang kosong, sehingga gaji per januari akan segera dilaksanakan,”Ungkapnya.

Alamsyah Lotunani menegaskan, hingga saat ini pelantikan yang akan dilaksanakan dilingkup Pemkot merupakan isu karena dia mengaku, belum ada informasi dari pimpinan dan hanya pimpinan yang mengetahui hal tersebut. (p6/c/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top