Kades yang Selewengkan ADD Pasti Ditindak – FAJAR Sultra
News

Kades yang Selewengkan ADD Pasti Ditindak

LAWORO – Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muna Barat (Mubar) Husein Tali menegaskan tidak akan melindungi para kepala Desa yang terbukti salah menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD). Kata dia, kades yang selewengkan ADD pasti ditindak.

Hal ini disampaikan Husein usai menerima perwakilan demonstrasi yang dilakukan puluhan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Pemerhati Masyarakat Muna Barat (APPMA), Kamis (12/1).

Aksi demonstrasi APPMA di depan Kantor Bupati Mubar yang meminta Bupati tak melindungi kepala desa yang menyelewengkan ADD, Kamis (12/1).

Aksi yang digelar di depan Kantor Bupati itu sempat terjadi ketegangan antara masa dengan satpol PP karena masa memaksa masuk dihalaman kantor Bupati.

Masa yang dikoordintori Yasir itu meminta kepada Pj Bupati Muna Barat mengawal dan mengawasi penggunaan anggaran ADD dan mengarahkan lembaga-lembaga terkait agar tetap independen dalam melaksanakan tugasnya.

Kemudian, meminta kepada Kepala BPMD untuk memastikan setiap program yang dilaksanakan setiap desa di Mubar sesuai dengan peraturan perundang-undangan, meminta kepada Inspektorat untuk melaksanakan setiap proses audit sesuai dengan bukti fisik lapangan, dan meminta kepada DPRD untuk melaksanakan fungsi pengawasan dan segera membentuk tim pansus pengelolaan ADD tahun 2015/2016.

“Kalau hanya itu tuntutan mereka saya pikir tidak perlu melakukan aksi, itu tetap kita akan lakukan dan itu juga sudah dilakukan oleh Inspektorat. Dan kita tidak pernah melindungi yang salah tetapi membina yang keliru itu kita lakukan,” tegas Husein.

Menurutnya, jika kasus tersebut telah berdampak hukum maka akan menjadi tanggung jawab masing-masing individu, dan Pemda tidak akan ikutcampur dalam hal tersebut.

“Pada prinsipnya kita tidak akan membela yang salah. Dan mereka mengatakan terindikasi belum pasti melakukan kita harus mencocokan dengan pekerjaan,” ujarnya.

Setelah diterima oleh Plt Sekda masa kemudian membubarkan diri dengan tertib dengan mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top