Konawe, Kabupaten Peraih Piala Dana Rakca 2016 Sultra – FAJAR Sultra
News

Konawe, Kabupaten Peraih Piala Dana Rakca 2016 Sultra

UNAAHA – Kabupaten Konawe merupakan satu-satunya daerah Kabupaten yang meraih penghargaan dan piagam Dana Rakca tahin 2016 se Sulawesi Tenggara. Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Keuangan Keuangan Keuangan Keuangan Republik Indonesia atas tata kelola keuangan pemerintah daerah yang baik.

Kepala Bagian Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Konawe, Ferdinan SP, mengatakan, penghargaan tersebut diterima diterima tersebut diterima diterima langsung oleh Sekretaris Daerah di Kabupaten Konawe pada tanggal 7 Desember 2016 lalu di Gedung Dhanapala, Jalan Dr Wahidin Raya Nomor 1, Kompleks Kementerian Keuangan RI, Jakarta Pusat.

Kepala BPKAD Kabupaten Konawe dan perangkat kerjanya, yang berkontribusi besar dalam penganugerahan Dana Rakca dari Kementerian Keuangan tahun 2016 lalu.

“Pemerintah Kabupaten Konawe berkerja dengan baik dan sesuai dengan acuan. Kemudian dinilai oleh Kementerian. Lalu mendapatkan penghargaan. Khusunya dikeuangan, bagi saya itu adalah keberhasilan kerja tim. Jadi saya dibantu dengan staff yang ada sudah berkerja dengan baik,” ungkapnya.

Ferdinan mengatakan, dalam penilaian pemerintah daerah Kabupaten Konawe memenuhi beberapa indikator. Diantaranya pertumbuhan ekonomi, pelayanan publik yang baik, penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan daerah, pemanfaatan Anhgaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) secara optimal dan ketepatan waktu penetapan APBD.

Sedangkan pada penilaian kinerja daerah Pemkab Konawe memenuhi tiga indikator utama yaitu, Indikator kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah yang mencakup 11 parameter. kemudian indikator kinerja layanan dasar pubik yang mencakup tujuh parametar seperti kesehatan, pendidikan dan sanitasi dan air minum. Kemudian lagi, indikator kinerja ekonomi dan kesejahteraan yang mencakup empat parameter yaitu pertumbuhan ekonomi, penurunan angka kemiskinan, penurunan angka pengagguran dan pengendalian inflasi.

“Di Sultra selain Kabupaten Konawe untuk piala Dana Rakca juga diraih oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sultra. Kalau untuk kabupaten hanya Kabupaten Konawe di Sultra,” ungkap kepala BPKAD yang baru menjabat jelan tiga tahun tersebut.

Atas penghargaan Dana Rakca Pemkab Konawe berhasil memboyong bonus Dana Insentif Daerah (DID) dari KemEnterian Keuangan, sebesar Rp 52 miliar yang akan disalurkan pada tahun 2017. Pada tahun 2017 alokasi DID diberikan kepada 317 daerah terdiri atas 21 propinsi 232 kabupaten dan 64 kota. Dari jumlah tersebut terdapat 83 daerah yaitu 6 propinsi 65 kabupaten dan 12 kota yang telah memenuhi kriteria utama dan sekaligus berkinerja baik didalam kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah dalam penyediaan layanan dasar publik serta dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan.

“Kalau tahun 2016 dapat atas pengelolaan keuangan tahun 2015. Pada 2017 semoga kita bisa dapatkan penghargaan lagi. Peluangnya masih sangat besar, karena standar penilaian masih sama dan prosedur pengelolaan keuangan kita masih sama dengan tahun sebelumnya untuk pengelolaan keuangan tahun 2016 kemarin,” ungkapnya.

Ferdinan juga mengatakan, penganugerahan Dana Rakca memang pertama kali diraih oleh Pemkab Konawe selama berdirinya Kabupaten Konawe. Namun terkait DID sejak tahun 2011 sudah berhasil didapatkan, hanya pada tahun 2014 sempat kehilangan DID. Sejak tahun 2011 Pemkab Konawe sudah mendapatkan predikat opini wajar dari BPK atas pengelolaan keuangan. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top