2017, UU Redenominasi Tidak Dibahas – FAJAR Sultra
News

2017, UU Redenominasi Tidak Dibahas

KENDARI – Redenominasi atau penyerdehanaan nilai nominal uang rupiah yang telah menjadi isu nasional beberapa tahun silam, yang bahkan Rancangan Undang-Undang Redenominasi atau RUU Perubahan Harga Rupiah sudah diajukan BI dan pemerintah pada 2013. Namun, hingga saat ini pembahasan dengan DPR selalu tertunda.

Agus Martowardojo

Bahkan hingga ditahun 2017 saat ini pembahasan RUU Perubahan Harga Rupiah tidak dimasukan kedalam prioritas RUU yang akan dibahas oleh DPR RI, meskipun RUU tersebut hanya terdiri dari 18 pasal. Hal ini dikatakan langsung oleh Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, saat mengunjungi Sultra, Kamis (12/1) di Rujab Gubernur Sultra.

“Sebetulnya rancangan UU mengenai redenominasi mata uang itu diajukan oleh pemerintah ditahun 2017 untuk dibahas dengan DPR di Forum Badan Legislasi dan ternyata ditahun 2017 ini belum bisa dilakukan. Kita mengetahui bahwa rancangan UU mata uang redenominasi itu hanya 18 pasal,” ujarnya.

Meskipun hanya terdiri dari 18 pasal, sayangnya UU Redenominasi belum termasuk RUU yang prioritas untuk dibahas. Tidak patah semangat, Agus menambahkan jika memungkinkan nantinya RUU Redenominasi tentu bisa diusulkan untuk kemudian masuk dalam pembahasan.

Padahal sebelumnya, dipenghujung tahun 2016, Bank Indonesia menyatakan situasi ekonomi dan politik cukup kondusif pada tahun depan (2017,red). Sehingga memungkinkan untuk dimulainya pembahasan legalitas penyederhanaan nilai nominal uang rupiah atau redenominasi. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top