Volume Sampah Meningkat, Dinas Kebersihan Terus Bekerja – Fajar Sultra
News

Volume Sampah Meningkat, Dinas Kebersihan Terus Bekerja

KENDARI – Dinas Kebersihan Kota kendari terus menghadapi produksi sampah yang dihasilkan warga Kota Kendari, dimana jumlahnya terus mengalami peningkatan yang kini mencapai 1.000 meter kubik setiap hari.

Tempat Pengolahan Akhir Sampah (TPAS) Puuwatu, Kota Kendari.

Hal ini dijelaskan Ir Hj Tin Faridah Kadis kebersihan Kota Kendari, bukan saja warga Kota Kendari penghasil sampah tersebut namun beberapa juga dari luar kota yang ikut menyumbang sampah di Kota Kendari tanpa disadari. Meskipun demikian, Dinas Kebersihan terus bekerja memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Masyarakat yang berbelanja maupun berjualan dipasar bukan saja orang Kendari ada juga dari luar sehingga mereka juga itu penyumbang sampah tanpa disadari dan diperhitungkan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, setiap tahun volume sampah yang dihasilkan terus bertambah karena setiap tahun jumlah penduduk juga bertambah, walaupun dengan pertambahan tersebut fasilitas yang diberikan oleh Walikota Kendari melalui Dinas Kebersihan Kota bertambah namun pada akhirnya tim yang bertugas dilapangan merasa kualahan dengan sampah masyarakat tiap harinya, sehingga masih ada lokasi yang tidak bisa dijangkau.

“Setiap tahun fasilitas mobil pengangkut sampah ditambah namun awalnya saja bisa dipenuhi permintaan pengangkutan sampah dan akhirnya kualahan lagi.” ucapnya.

Semakin meningkatnya jumlah perumahan yang berada diKota Kendari dan tidak tertibnya warga dalam memahami jam pembuangan sampah diTPS yang sudah disediakan merupakan salah satu kendala yang dihadapi oleh tim kerja Dinas Kebersihan.

“Akan dilakukan sosialisasi untuk semua warga melalui Kecamatan masing-masing agar jam pembuangan sampah bisa dipahami dan diikuti oleh semua warga tanpa terkecuali,” tutupnya. (p6/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top