Diprediksi, Sultra Bakal Diguyur Hujan Sedang Hingga Lebat – FAJAR Sultra
News

Diprediksi, Sultra Bakal Diguyur Hujan Sedang Hingga Lebat

KENDARIPOS.CO.ID KENDARI- Kondisi cuaca dalam dua hari ke depan diprediksi kurang bersahabat. Hujan dengan potensi sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Sultra termasuk Kendari. Meningkatkan curah hujan ini disebabkan menguatnya Munson Asia. Hal ini mengubah pola pergerakan angin dari arah yang berlawanan. Bila sebelumnya, arah angin umumnya bertiup dari arah Selatan ke Utara. Pada musim penghujanan, arah angin bertiup dari Utara ke Selatan.

Di sisi lain, kondisi wilayah pesisir Sultra yang menghangat. Situasi ini menambah pasokan massa udara basah ke atas wilayah atmosfir. Kondisi seperti ini berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan-awan hujan. Apalagi posisi matahari sudah berada di selatan equator yang menandakan Sultra telah memasuki musim penghujanan. “Monsun Asia terpantau mulai aktif kembali. Hal ini memicu gangguan cuaca. Seperti konvergensi, shearline dan munculnya daerah tekanan udara rendah. Makanya, pada pekan terakhir ini beberapa daerah di Sultra dan Kendari diguyur hujan.

Diprediksi, masih akan terjadi. Apalagi Sultra memang telah memasuki musim penghujan,” jelas Aris Yunatas, Kasie Observasi dan Informasi Stasion Metereologi Maritim Kendari, Minggu (15/1).

Hujan lebat yang terjadi beberapa hari ini kata Aris, merupakan klimaks dari cuaca panas belakangan. Awan yang terkumpul selama 3 dan 4 hari ini, sudah bisa lagi menampung air. Apalagi angin lapisan atas yang tadinya cukup kencang mulai berkurang. Makanya, massa udara basah yang berada di atmosfit tak lagi bisa tertahan. “Hujan yang mengguyur Kendari cukup wajar. Namanya saja musim hujan, pasti intensitasnya ikut meningkat. Yang aneh bila tidak turun hujan seperti kemarin. Hujan hari ini dipicu hangatnya suhu permukaan laut. Sebab turut memberi andil pasokan massa udara basah ke atmosfir,” jelas pria ramah itu.

Berdasarkan pantuan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kata prakirawan cuaca tersebut, wilayah Sultra yang berpotensi diguyur hujan terjadi di Konawe Utara, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Kolaka, Konawe Selatan dan Kendari. Namun tidak menutup kemungkinan daerah lain juga akan diguyur hujan. Apalagi citra satelit menunjukan pembentukan awan-awan hujan terus meningkat.

“Intensitas curah hujan mengalami peningkatan. Kondisi cuaca ini diperkirakan hanya terjadi beberapa hari saja. Apalagi secara global, Sultra sdah berada dimusim penghujan. Hanya saja, hujan yang turun tidak merata. Antara wilayah satu dan lainnya intensitasnya berbeda. Hujan yang turun pun hanya pada waktu tertentu, seperti siang dan menjelang malam hari,” pungkasnya. (c/mal)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top