KETERLAMBATAN PEMBAYARAN GAJI PNS di Konsel Mulai Mengeluh – FAJAR Sultra
News

KETERLAMBATAN PEMBAYARAN GAJI PNS di Konsel Mulai Mengeluh

MARWAN/BKK
Marwiyah Tombili

ANDOOLO, BKK– Sejumlah PNS di jajaran Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan mengaku kesusahan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari akibat telatnya pembayaran gajinya. Mereka pun terpaksa harus mengutang.

Salah satu PNS Pemda Konsel, inisial AP mengaku heran karena keterlambatan pembayaran gaji ini selalu terjadi setiap Januari. “Kita tidak tahu apa alasan pastinya. Katanya kalau awal tahun itu banyak penyesuaian-penyesuaian di pusat sehingga berdampak ke semua daerah,” katanya.

Hanya saja, AP mengaku keterlambatan pembayaran gaji itu sangat berdampak pada kebutuhan keluarganya. Terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok dan biaya sekolah anak-anaknya.

“Saya terpaksa harus berutang supaya tetap bisa beli beras dan anak-anak ada uang yang dibawa ke sekolah. Soalnya kita tidak punya tabungan karena gaji pas-pasan,” katanya.

Hal serupa dialami PNS yang minta agar namanya diinisialkan. SN, PNS tersebut mengatakan keterlambatan pembayaran gaji ini dikeluhkan oleh sebagian besar PNS, terutama yang golongan rendah.

Dia sendiri pun kebingungan karena selain harus memenuhi kebutuhan pokok keluarganya, dia juga harus menyelesaikan kredit bank yang jatuh tempo di awal bulan. “Pokoknya kita susah sekali sekarang,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Konsel, Marwiyah Tombili mengakui keterlambatan pembayaran gaji ini karena adanya UU baru tentang Organisasi Perangkat Daerah. Karena gaji pegawai ditandatangani oleh kepala SKPD, maka harus menunggu usulan kepala SKPD yang baru saja dilantik.

“Semua daerah menghadapi masalah yg sama. Apalagi ada pergantian pimpinan SKPD, tentu pergantian bendahara juga. Karena menunggu usulan kepala SKPD yang baru dilantik,” jelasnya.

Tak hanya itu, di saat yang sama, Taspen juga mengeluarkan aplikasi gaji yang baru. Aplikasi ini ada perubahan perhitungan pajak gaji PNS. “Kalau Konsel, Jumat kemarin baru selesai update dan hari itu juga sudah bisa bendahara baru mengurus print daftar gaji,” tambahnya.

Marwiyah pun meminta para PNS agar mau bersabar. Dia memperkirakan awal pekan ini, seluruh bendahara baru sudah bisa mencetak daftar gaji PNS.

“Perlu diingat bahwa setiap tahun SKPD yang berganti pimpinan dan bendaharanya, harus mengurus specimen di bank untuk bisa mencairkan uang gaji dan belanja SKPD. Tanpa itu, mustahil gaji bisa dicairkan,” terangnya. (k8/b/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top