Pemkot Lanjutkan Program Penanggulangan Kemiskinan – FAJAR Sultra
News

Pemkot Lanjutkan Program Penanggulangan Kemiskinan

KENDARI – Penanggulangan kemiskinan tidak hanya menjadi program nasional, yang digulirkan hingga ke daerah. Sejumlah daerah sudah menjalankannya, namun tidak sedikit yang gagal, karena pendekatan pengentasan kemiskinan dari pusat tidak sesuai dengan kondisi daerah.

Di Kota Kendari, Pemkot mencoba melahirkan terobosan dengan melahirkan sejumlah program pengentasan kemiskinan, diantaranya pemberian modal usaha tanpa bunga. Olehnya, melalui komitmen tersebut, Pemkot Kendari terus melanjutkan program-program penanggulangan kemiskinan.

Wali Kota Kendari juga melahirkan program persaudaraan madani, yang berangkat dari inspirasi agung salah satu surat dalam al-quran, yakni mempersaudarakan satu keluarga kurang mampu dengan satu keluarga mampu, melalui akta persaudaraan, yang menyebutkan kewajiban dan hak masing-masing saudara.

Kini selama tujuh tahun lebih, program ini terus berjalan, tidak sedikit warga yang kurang mampu dipersaudarakan dengan keluarga warga mampu. Program ini dianggap mampu menekan hingga mengurangi angka kemiskinan di Kota.

“Logikanya, jika saat itu ada 30 warga Kendari miskin, berarti ada 70 persen warga mampu. Kalau dari 70 persen warga mampu diambil 30 persen yang paling mampu dan dipersaudarakan dengan 30 persen warga miskin, maka masalah kemiskinan harusnya tidak ada lagi di Kota Kendari,” kata Ir Asrun.

Alhasil, 1.761 pasang keluarga miskin dan keluarga kaya berhasil dipersaudarakan, sehingga saudara keluarga miskin tersebut saat ini sudah terangkat kehidupan ekonomi menjadi tidak miskin.

Kini, program itu dikembangkan lagi ke sekolah-sekolah dengan membentuk persahabatan madani, dengan cara mempersahabatkan siswa miskin dan siswa mampu.

Menurut Asrun, peningkatan jumlah warga yang terus bertambah untuk ikut dalam program persaudaraan madani, tentu tidak lepas dari penggalakan sosialisasi termasuk keterlibatan semua pihak, mulai dari lurah, camat, sektor swasta, dunia pendidikan, dan berbagai pihak terkait lainya. (put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top