Pertamina : Permintaan Masyarakat Terhadap BBM Belum Signifikan – FAJAR Sultra
News

Pertamina : Permintaan Masyarakat Terhadap BBM Belum Signifikan

KENDARI– Berdasarkan kuota subsidi yang diberikan pemerintah pusat, permintaan masyarakat terkait Bahan Bakar Minyak (BBM) belum signifikan. Pertamina mencatat, permintaan masyarakat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kurang lebih 10 persen per tahun.

Amir Ridi

Operation Head (OH) Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina Kendari, Amir Ridi mengungkapkan, permintaan masyarakat Sultra saat ini belum mengalami peningkatan yang signifikan. Namun, Pertamina tetap akan memenuhi kebutuhan masyarakat meskipun permintaan masyarakat mengalami peningkatan. Ia menjelaskan, tidak ada barasan pasokan BBM jenis PSO, tetapi mengikuti perkembangan pasar. Sedangkan BBM yang non PSO memiliki batasan produksi yang ditetapkan pemerintah pusat.

“Jika permintaan pasar meningkat, kita tetap memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Amir saat ditemui usai kegiatan penanaman mangrove di Kelurahan Purirano, Kendari Barat, Sabtu (14/1).

Ia menuturkan, harga jual BBM jenis PSO seperti premium tidak mengalami kenaikan, tetap dengan harga sebelumnya. Namun, BBM yang PSO justru yang mengalami kenaikan harga jual, seperti petralite dan pertamax, sebab kebijakan pemerintah telah mencabut subsidi.

“Sejauh ini, kenaikan harga jual BBM non subsidi belum berpengaruh terhadap jumlah pemasokan. Sehingga, kita belum bisa bandingkan bagaimana jumlah pasokan sebelum dan sesudah kenaikan BBM,” ungkap Amir.

Amir bilang, capaian rata-rata penjulan BBM di Sultra antara lain, jenis premium mencapai 600 ton per bulan dan solar mencapai 700 ton perbulan. Sedangkan jenis pertamax mencapai kurang lebih 20 Kl per harinya.

“Untuk penjualan petralite belum bisa kita rata-ratakan, sebab petralite masih baru dan nelum lama lonching,” tuturnya.

Sementara itu, sehubungan dengan belum signifikannya permintaan pasar Sultra, sehingga di 2017 pihaknya tidak memasang target penjualan. Pasokan BBM pada 2017 akan disesuaikan dengan permintaan pasar, namun tetap diupayakan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Sultra.

Amir menambahkan bahwa distribusi BBM di Sultra diupayakan merata ke seluruh daerah. Ia menyebutkan, beberapa daerah distribusi sudah bisa dijangkau dengan perjalanan darat, seperti Kendari, Konawe Selatan, Konawe, Konawe Utara, serta Bombana. “Kecuali pertamax dan petralite, semua masih di droup dari Terminal BBM Kendari,” turupnya.(p9/b/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top