Petani Dijamin Tak Rugi – FAJAR Sultra
News

Petani Dijamin Tak Rugi

menteri-pertanian-andi-amran-sulaiman-1024x569

KENDARI – Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI), Andi Amran Sulaiman menjamin petani Indonesia tidak bakal ada yang merugi dalam memproduksi semua hasil pertaniannya, mulai dari pagi, jagung, kedelai, maupun beberapa sektor pangan lainnya.

Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI), Andi Amran Sulaiman

Pasalnya, harga komoditas pangan nasional telah dijamin berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) yang dikeluarkan Presiden Joko WIdodo baru-bau ini. Sayangnya, dia tidak menyebutkan, perpres nomor berapa. Namun yang jelas, dalam perpres, harga komiditas pertanian dijamin, guna mendongkrak harga jual petani.

“Jadi tidak ada alasan petani Indonesia rugi, karena kita sudah jamin semuanya,” tegas Amran, Jumat (13/1) di Kendari.

Apalagi, kata politikus Hanura itu pemerintah memberikan jaminan terhadap kualitas dan produktifitas hasil pertanian patani di seluruh wialyah Indonesi, begitu juga di Sultra. Ditahun 2017, pihaknya diinstruksikan agar mengembangkan dan meningkatkan produksi semua komoditas pangan nasional melalui wialayah perbatasan.

Di Sultra sendiri, kata pria kelahiran Bone itu telah diberikan bantuan mulai dari arsintan, anggaran perluasan cetak sawah pertanian maupun ternak sapi siap bunting. DI Konawe Selatan, dirinya menyerahkan sekira 10.000 ekor sapi dalam rangka mendukung swasembada daging nasional.

Selain itu, memberikan bantuan bibit unggul dan anggaran cetak sawah baru.

“Di Konut kita berikan bantuan bibit jagung dengan tanam lahan seluas 10.000 haktare. Jadi tahun ini taergetnya 10.000 ha, kalau tahun depan naik, maka kita akan berikan 20.000 ha, untuk tanam jagung. Karen potensinya ada, makanya kita jamin. Harganya juga kita jamin kalau panen nanti,” janjinya.

Olehnya diimbai para petani tidak khawatir dalam melakukan penanaman. Semantara, baru dilakukan penananman jagung seluas 2.000 ha di Konut, wilayah perbatasan.

Bukan jagung saja, tegas Amran, namun semua komoditas pangan nasional dijamin harganya oleh pemerintah. Setelah panen, maka juga akan dibeli pemeintah dengan standar harga yang telah ditetapkan.

Bukan itu saja, tahun 2017 juga petani diberikan asuransi khusus untuk persahan padi sebesar 1 juta ha sawah di seluruh wilayah Indonesia, bibit unggul, bantuan perlatan panen, pupuk dan jika produksinya melimpah akan dibeli pemerintah pula. (r3/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top