Warga Desa Momea Aktif Gotong Royong – FAJAR Sultra
News

Warga Desa Momea Aktif Gotong Royong

IRMAN/BERITA KOTA KENDARI
WARGA Desa Momea bergotong-royong membersihkan drainase yang ada di desanya, menjelang musim penghujan ini.

UNAAHA, BKK– Kepala Desa Momea, Kecamatan Tongauna, Kabupaten Konawe, Jumar S Pd begitu membanggakan masyarakat desanya. Menurutnya, masyarakat setempat masih memelihara semangat gotong-royong, utamanya dalam program pembangunan desa.

“Sejak saya dilantik November 2016 lalu. Desa Momea ini sudah ada perubahan. Utamanya terhadap partisipasi masyarakat dalam membangun desa ini secara swadaya,” katanya.

Dikatakan, sejak menjabat pihaknya terus melakukan sosialisasi secara kekeluargaan. Dalam sosialisasi itu, Jumar terus mendorong agar masyarakat ikut aktif berpartisipasi dalam program pemerintah membangun desa.

Kegiatan ini pun mendapatkan respons positif dari masyarakat. Sejak ia memimpin, hasil gotong-royong ini pun bisa dilihat dengan berdirinya gedung Posyandu, renovasi masjid, kantor desa, pembuatan sumur gali, rehab rumah dan fasilitas olahraga.

Sedangkan di bidang sosial dan keagamaan yakni mendirikan TPQ, sunatan massal dan aksi jumat bersih. Kemudian di bidang pembangunan ekonomi yakni pemanfaatan lahan pekarangan, pelatihan industri rumah tangga, pembukaan lahan tidur dan pemanfaatan lahan kas desa seluas 5 hektar.

“Kegiatan-kegiatan ini sudah hampir delapan tahun vakum. Sehingga saya aktifkan kembali. Termasuk perayaan maulid nabi,” jelasnya.

Menurutnya, selama ini, masyarakat kurang diarahkan untuk berpartisipasi dalam membangun desanya. Sehingga dia pun mencoba untuk melakukannya dan berhasil. Di internal desa sendiri, Jumran juga memperbaiki sistem administrasi dan pelayanan tanpa biaya.

“Ke depan kami akan terus memprogramkan pembangunan fasilitas desa pendukung sesuai kebutuhan dasar masyarakat. Termasuk mengelola potensi-potensi desa yang bisa bernilai pajak dan retribusi untuk kepentingan pembangunan di desa tersebut,” katanya. (cr4/c/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top