Dikbud Gaungkan Gerakan Literasi Sekolah – FAJAR Sultra
News

Dikbud Gaungkan Gerakan Literasi Sekolah

KENDARI – Sebagai upaya menumbuh kembangkan budi pekerti peserta didik. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari pada 2017 ini, tengah menjalankan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), yang juga merupakan program dari Mendikbud.

Siswa SDN 9 Kendari saat melakukan aktifitas membaca di perpustakaan sekolah, kemarin.

Kadis Dikbud Kendari Makmur, menerangkan, melalui program GLS diharapkan pihak sekolah menyediakan pojok -pojok baca yang mudah diakses peserta didik. Misal, ketika 15 menit sebelum apel, para siswa bisa dengan maksimal memanfaatkan pojok baca tersebut.

“Buku yang disediakan pun ialah bacaan ringan seperti buku-buku fiksi atau non akademik. Seperti, cerita rakyat yang saat ini sudah kurang diminati. Tentu buku yang kita inginkan ialah tidak berbau SARA ataupun yang dapat merusak moral siswa,” katanya.

Atau bisa juga, lanjut Makmur, buku terkait pendidikan karakter dan program serta info sekolah bagi orang tua siswa. Sehingga, terjadi sinergi antara orang tua maupun sekolah

“Untuk itu kita menyarankan kepada sekolah agar melengkapi buku-buku bacaannya. Terkait anggaran, bisa di maksimalkan dana BOS. Sejauh ini baru beberapa sekolah saja di Kendari yang menjalankan program tersebut. Pasalnya, masih terkendala kelengkapan buku,” ungkap dia.

Tetapi, harap dia, pada 2017 ini program GLS bisa berjalan secara maksimal baik di SD maupun SMP. Terlebih, gerakan ini bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembalajaran sepanjang hayat.

“Jelas, program bisa berjalan secara baik jika ada dukungan dari semua warga sekolah. Baik itu guru, peserta didik, wali murid dan masyarakat,” tutur Makmur. (m2/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top