Muna Siap Subsidi Garuda Rp8 Miliar Per Tahun – FAJAR Sultra
News

Muna Siap Subsidi Garuda Rp8 Miliar Per Tahun

RAHA – Pemerintah Kabupaten Muna siap mengucurkan anggaran Rp8 miliar untuk mensubsidi maskapai penerbangan Garuda Indonesia ketika beroperasi di Bandara Sugimanuru Kabupaten Muna Barat awal Februari mendatang. Hal itu diutarakan Bupati Muna, LM Rusman Emba ketika meninjau kesiapan Bandara Sugimanuru, Minggu (15/1) bersama General Manager PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Gatot Rijadi.

Bupati Muna, LM Rusman Emba (baju merah) bersama GM Garuda Indonesia Cabang Kendari, Gatot Rijadi meninjau kesiapan bandara Sugimanuru, Minggu (15/1).

Ia mengatakan, subsidi tersebut disiapkan untuk mengantisipasi kekosongan kursi dalam pesawat Garuda Indonesia ketika terbang bolak balik dari Bandara Sugimanuru menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, sehingga pihak Garuda Indonesia tidak menderita kerugian. Rusman mengungkapkan, jenis pesawat Garuda yang akan beroperasi di Bandara Sugimanuru adalah ATR72-500 dengan kapasistas kursi 70 penumpang.

Jika tak ada aral melintang, pesawat Garuda ini siap tes terbang awal Februari mendatang, setelah Dirjen Perhubungan Udara melakukan penilaian tentang keamanan Bandara.

Mengenai kelayakanan Bandara, Rusman mengatakan, tidak ada masalah lagi. “Kita sama-sama lihat sendiri kesiapan fasilitasnya, semua sudah siap, sisa menunggu izin prinsipnya. Ini adalah bentuk keseriusan kami untuk mengecek secara tekhnis dan administrasi, hal-hal dalam percepatan pengoperasian bandara ini,”kata Rusman.

Di tempat yang sama, General Manager Garuda, Gatot Rijadi menilai bandara tersebut cukup layak untuk dilandasi pesawat Garuda. Tolak ukurnya dari kesiapan pendukung yang dinilai memenuhi syarat. Kawasan bandara sudah dipenuhi pagar pembatas, fasilitas pemadam juga cukup mendukung serta kesiapan terminal yang memadai.

Namun keputusan untuk pengoperasian pesawat Garuda, masih akan menunggu tim advance dari garuda, tim yang menilai secara cermat persoalan keamanan bandara. “Masih dalam proses, tidak bisa langsung. Dalam waktu dekat ini nanti ada tim advance yang bertugas khusus untuk melihat keamanan bandara,” katanya. Mengenai penentuan jadwal penerbangan, pihak garuda akan mencari jadwal yang tepat dan kesiapan pesawat. (sra/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top