Pasar Lelang Online Segera Hadir di Sultra – FAJAR Sultra
News

Pasar Lelang Online Segera Hadir di Sultra

KENDARI – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Maret mendatang, akan melakukan pasar lelang online. Hal tersebut dilakukan karena pemerintah, khususnya Kementrian Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia telah meloucing pasar lelang online beberapa waktu lalu di Provinsi Jawa Barat.

Muh. Ali

Kepala Bidang (Kabid) Disperindag Sultra, Muhammad Ali mengungkapkan, pelaksanaan pasar lelang online telah diintruksikan untuk dilakukan di 13 provinsi di Indonesia. Untuk itu, Disperindag Sultra akan melakukan lelang online di 2017, tepatnya maret mendatang. Sampai saat ini katanya, pelaksanan pasar lelang masih dilakukan secara konvensional, dalam hal ini Disperindag Sultra mengundang seluruh masyarakat untuk bertatap muka langsung dalam kegiatan pasar lelang online.

Muh Ali menuturkan, kegiatan pasar lelang online bertujuan untuk memudahkan pembeli dan penjual dalam berinteraksi melakukan aktifitas jaul beli. Dengan fasilitas yang ada, penjual dan pembeli dapat berinteraksi langsung tanpa melalui tatap muka langsung.Dalam pelaksanaan pasar lelang online, kementrian perindustrian dan perdagangan mengikut sertakan pihak PT Pos Indonesia sebagai eksekutor karena dinilai memiliki sarana logistik serta sumber daya yang mempuni.

“Di 2017 ini kita upayakan sudah bisa lakukan pasar lelang online komoditi agrikultur,” ungkap Muh. Ali saat ditemui di Disperindag Sultra, Senin (16/1).

Dia bilang, kegiatan pasar lelang secara konvensional tetap akan dilakukan oleh Disperindag Sultra. Disperindag juga akan melakukan sosialisasi pasar lelang online kepada pelaku-pelaku pasar lelang. Sehingga dikemudian hari, para pelaku lelang mengetahui bahwa di Sultra sudah ada pasar lelang online.

Muh Ali menambahkan, pasar lelang online merupakan kegiatan pemerintah, pihaknya berharap interaksi jual beli dapat lebih baik lagi. Selain itu juga kegiatan ini diharapkan dapat lebih memudahkan dalam melakukan kegiatan-kegiatan transaksi jual beli nantinya.

“Katakannlah selama ini mereka datang ke Kendari kita undang, setelah sudah ada pasar lelang online mereka tidak perlu lagi datang langsung, cukup melakukan transaksi secara online,” imbuhnya.(p9/b/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top