Belum Beroperasi, Sudah Ada Oknum Nekat Pajak Pengunjung – FAJAR Sultra
News

Belum Beroperasi, Sudah Ada Oknum Nekat Pajak Pengunjung

♦ Di Taman Wisata Mangrove

KENDARI— Proyek Taman Wisata Mangrove di teluk Kendari belum sepenuhnya rampung bangun, namun anehnya sudah ada oknum dengan mengatasnamakan sebagai pengelola melakukan pungutan kepada setiap pengunjung yang datang.

Parahnya lagi, pungutan tersebut tidak disertai dengan tanda bukti retribusi resmi.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengaku kaget adanya aksi pungutan di lokasi proyek. Pengerjaan tahap pertama proyek tersebut memang telah selesai.

Karenanya, pihaknya sementara berkoordinasi dengan Ditjen Bina Konstruksi KemenPU-Pera terkait jadwal penyerahannya. Rencananya, proyek tersebut akan diserahkan ke Pemkot Kendari.

“Jadi bisa dipastikan, kalau ada pungutan itu ilegal. Kalau ada oknum yang menarik pungutan, laporkan saja,” tegas mantan Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sultra ini belum lama ini.

Rencananya, lanjut Ketua Pengurus Softball Sultra ini, taman wisata mangrove ini akan dijadikan arena bersosialisasi, layaknya Taman Kota dan tidak dipungut biaya.

Lain halnya, jika ada pihak ke tiga yang berminat untuk mengelola, maka akan dibentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

Namun dia mengaku, proses tersebut baru sekedar rencana. Apalagi untuk tahun ini anggaran kelanjutan proyek itu tidak ada dianggarakan di APBN.

Tetapi dia optimis akan mencarikan jalan untuk melanjutkan pembangunannya. Padahal, sebelumnya hingga berdirinya wisata manggrove teluk Kendari itu, menelan anggaran APBN sebesar Rp 5 miliar. (r3/b/ags)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top