Ngapa Masuk Zona Merah Rawan Konflik – Fajar Sultra
News

Ngapa Masuk Zona Merah Rawan Konflik

LASUSUA, BKK -Menjelang pelaksanaan pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2017, jajaran Polres Kolaka Utara (Kolut) telah melakukan pemetaan daerah yang rawan konflik. Dari 15 kecamatan, 133 desa dan kelurahan yang ada di Kolut, Kecamatan Ngapa masuk zona merah rawan konflik.

Pasalnya dari 12 desa yang ada di Kecamatan Ngapa, 5 desa berada di pegunungan yang aksesnya sangat sulit. Selain itu Kecamatan Ngapa juga merupakan kecamatan yang jumlah wajib pilihnya kedua terbanyak di Kolut, yakni 14.000 orang lebih.

Kapolsek Ngapa, Ipda Brian Wicaksono pun mengingatkan warga untuk menahan diri, tidak main hakim sendiri dan segera melaporkan ke pihak kepolisian bila ada gerakan yang dapat memicu konflik. “Jangan main hakim sendiri, kalau ada kejadian antara tim, simpatisan dan relawan Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, untuk segera menghubungi pihak kepolisian,” kata Brian.

Menurut Brian, pihaknya menjamin penuh pelayanan 24 jam di wilayah hukum Polsek Ngapa, sehingga warga yang membutuhkan akan mendapatkan pelayanan.

“Saat ini semua terkendali, meskipun beberapa waktu lalu ada gesekan antara tim Paslon Bupati, namun semuanya bisa menahan diri dan tidak main hakim sendiri,” katanya.

Brian menambahkan, menjelang pelaksanaan pemilihan yang tidak cukup sebulan ini, pihaknya akan terus melakukan upaya persuasif dalam bentuk himbauan agar bersama-sama menjaga suasana kondusif. “Ngapa ini rawan, sehingga pendekatannya pada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tim dari masing-masing Paslon terus dilakukan melalui Kamtibmas,” kata Brian.

Brian juga berharap selain tim Paslon, simpatisan dan relawan harus dapat menjaga keamanan. Keluarga Paslon dari luar kabupaten yang hanya datang meramaikan atau sekedar silaturahmi, agar dapat melaporkan diri pada pemerintah setempat atau Kamtibmas kepolisian dan pembina TNI.

“Kita tiap malam melakukan patroli yang di backup dari BKO Polres, Brimob dan TNI sekitar 16 personil yang rutin di lakukan di posko-posko pemenangan. Kita juga mengharapkankan warga untuk giat melakuakan ronda untuk bersama mencegah terjadinya kegiatan yang dapat menganggu suasana jelang Pilkada,” imbuhnya. (k6/b/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top