Pariwisata Konsel Bakal Disejajarkan Wisata Dunia – FAJAR Sultra
News

Pariwisata Konsel Bakal Disejajarkan Wisata Dunia

ANDOOLO – Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) sesungguhnya banyak menyimpan destinasi wisata yang tak kalah dengan potensi wisata yang ada di Indonesi dan mancanegara saat ini. Berbagai surga wisata yang begitu kompleks terdapat di daerah ini.

Mulai dari wisata bahari, savanna, sampai wisata air panas dan air terjun terdapat di kabupaten ini. Untuk menarik wisatawan berkunjung di Kabupaten Konsel, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Konsel bertekad mensejajarkan potensi wisata di Konsel setara dengan destinasi wisata berskala nasional dan mancanegara.

DR H Mahar Buburanda Imran SH MH

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Konsel, DR H Mahar Buburanda Imran SH MH memandang jika industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang terkuat dalam pembiayaan ekonomi global saat ini.

Menurut kadis yang kerap disapa Randa ini, data dari United Nation of World Tourism Organisation (UNWTO) bahwa sektor pariwisata adalah sektor yang mampu menggerakan orang dalam lintas negara. “Seperti memberikan dampak bagi ketenagakerjaan, perdagangan, serta bisnis atau ekonomi kreatif,” nilainya.

Secara nasional, lanjut dia, Presiden Joko Widodo tengah menggenjot salah satu sektor pariwisata untuk memberikan kontribusi bagi tambahan pendapatan negara sampai ke daerah.

Alasan itu dikatakan Randa, melihat sektor pariwisata merupakan sektor penyumbang devisa terbesar setelah migas dan pertambangan.

Olehnya itu, dia bertekad untuk mensejajarkan apa yang menjadi unggulan wisata di Konsel mampu setara dengan potensi wisata bukan dalam skala level kabupaten, melainkan pada level nasional bahkan ke mancanegara.

Pria yang memiliki hobi travelling ini mengaku selain melakukan pengembangan wisata yang mampu memberikan nama bagi daerah Konsel, perlu membantu adanya pelestarian budaya dan kearifan lokal yang ada di Konsel.

“Berbicara otonomi daerah pemerintah memberikan kebijakan baik provinsi sampai ke daerah untuk menggali potensi-potensi itu. Di Konsel kita menggunakan konsep kebijakan mengutip penetelitian Pulicy on Product of Tourism in Thailand yang menggunakan dua model pengembangan pariwisata. Mengapa mengambil perbandingan dengan negara lain, agar untuk memesatkan kemajuan wisata tidak melihat tataran kabupaten,” ujarnya.

Salah satu langkah yang bakal dilakukan untuk memajukan potensi wisata di Konsel, lanjutnya, dengan memperkuat pemasaran sektor wisata. “Kedua, komunikasi. komunikasi yang dimaksud bagaimana dapat meyakinkan wisatawan berkunjung ke objek wisata kita. Ketiga, transportasi. Trasnportasi ini mengenai akses wisatawan dan paket wisata serta memperkuat sumber daya manusia. Ini yang akan kita lakukan agar kunjungan wisatawan di Konsel mampu meningkat seperti yang terdapat di Negara Thailand dengan jumlah pengunjung 30 juta orang setiap tahunnya,” ungkapnya.

Meski membutuhkan waktu yang begitu panjang, dikatakannya, jika membangun pariwisata itu membutuhkan waktu yang berjangka panjang. “Kalau kita bandingkan daerah lain selain Konsel, sesungguhnya Konsel memiliki potensi yang luar biasa dan kompleks untuk dikembangkan dimata dunia,” pandangnya.

Olehnya itu, dia menambahkan pilot project andalan yang bakal dikemas menjadi objek wisata andalan seperti Air Terjun Moramo yang memiliki tujuh tingkatan undakan. “Air Terjun Moramo sejauh ini merupakan salah satu obyek wisata terbaik di Indonesia. Selanjutnya fokus kita Pulau Lara, yang memiliki terumbu karang masih terjaga. Bahkan para mahasiswa di Sultra tercatat pernah datang melakukan penelitian di Pulau Lara ini,” tuturnya.

Menyinggung soal anggaran, tambah dia, anggaran melalui APBD Konsel memang belum cukup untuk melakukan peningkatan potensi pariwisata di Konsel. “Sehingga kita perlu membangun jaringan kementerian pariwisata agar gagasan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Tugas Pembantuan (TP) dapat dialokasikan untuk pengembangan destinasi wisata di Konsel. Kita juga membuka peluang lebar kepada investor yang serius jika mau menanamkan modalnya khususnya di sektor pariwisata. Kita akan permudah jika investasi kepariwisataan di Konsel dilakukan dengan serius,” tandasnya. (ram/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top