Pekan Ini, Gaji PNS Baubau Cair – Fajar Sultra
News

Pekan Ini, Gaji PNS Baubau Cair

BAUBAU, BKK– Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Baubau yang selama ini terimpit masalah lantaran gaji yang belum cair, sudah bisa bernafas lega. Rencananya, pencairan akan dilakukan pada pekan ini, meskipun belum diketahui pasti tanggal berapa.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Muh Djudul ketika diwawancarai, Selasa (17/1). Dia menjelaskan, kendala belum cairnya gaji PNS, karena adanya perubahan kelembagaan perangkat daerah, di mana ada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang baru dibentuk, serta ada beberapa pula SKPD yang dihilangkan. Untuk pejabat sudah jelas, namun yang masih belum adalah penempatan staf-staf yang ada.

Untuk sistem penggajian sendiri, kata dia, sudah diatur. Di mana untuk PNS yang pindah ke SKPD baru, gajinya tetap akan dibayarkan di SKPD sebelumnya tempat ia bertugas. Sedangkan PNS di SKPD atau instansi yang dihilangkan, akan menerima gaji di tempat baru.

“Misal, bidang kebudayaan awalnya kan di dinas pariwisata, tapi sudah pindah ke dinas pendidikan. PNS yang di bidang kebudayaan masih ambil gaji di dinas pariwisata,” tuturnya.

Namun kata dia, pihaknya tetap akan mempercepat pencarian gaji tersebut. Berdasarkan informasi yang ia terima dari Badan Pengelola Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah (BPKAPD), gaji tidak dibayarkan sebelum seluruh staf menempati posisinya masing-masing, setelah perubahan kelembagaan ini.

“Dalam waktu dekat, kapan pastinya nanti kroscek di keuangan,” tuturnya.

Di tempat berbeda, Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah, Abdul Fatar ketika dihubungi mengatakan, untuk gaji PNS Kota Baubau akan dibayarkan Jumat (20/1) mendatang. Dia juga mengakui kendala belum dibayarkan karena perubahan nomenklatur baru, sehingga mempengaruhi sistem penggajian PNS.

“Memang kalau januari itu biasa ada keterlambatan, karena kita juga masih urus DPA, selesai dulu DPA baru kita bayarkan,” tuturnya.

Untuk nominal, dia belum mengetahui pasti berapa anggaran yang akan dikucurkan untuk pembayaran gaji PNS se Kota Baubau. Hal itu dikarenakan setelah adanya pengurangan pegawai pasca dialihkannya status guru SMA ke provinsi.

“Setelah kita bayarkan semua baru bisa kita pastikan berapa,” ungkapnya.

Seorang PNS sekretariat daerah Pemkot Baubau, Arief juga mengakui belum menerima gaji untuk bulan ini. Menurut informasi yang ia dapat, gaji akan dicairkan lusa (20/1). Untuk keperluan sehari-hari menurutnya masih ada uang simpanan, sehingga tak berdampak besar untuk pribadinya.

“Tapi uang tagihan kartu belum dibayar,” celotehnya. (k2/b/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top