Pengaspalan Jalan Lingkar Wawonii Ditingkatkan – Fajar Sultra
News

Pengaspalan Jalan Lingkar Wawonii Ditingkatkan

LANGARA, BKK– Bupati Konawe Kepulauan, Ir H Amrullah MT menegaskan proyek jalan lingkar Wawonii merupakan salah satu prioritas pembangunan. Itu karena jalan lingkar ini akan sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Konkep.

“Untuk tahun ini, sesuai kemampuan anggaran, pengaspalan hanya bisa dilaksanakan sepanjang lima kilo meter yakni penambahan panjang ke arah utara dan membalas sebelah kanan jalan menuju selatan, karena sebelah bagian kiri Alhamdulillah sudah terlaksana di tahun 2016,” katanya.

Menurutnya, dalam lima tahun ke depan, diharapkan pengaspalan sudah berjalan sepanjang 25 kilometer atau sekitar lima kilometer per tahun. Meski demikian, dia tetap berharap pemerintah pusat bisa membantu Pemkab dalam peningkatan aspal jalan lingkar mengingat kemampuan APBD Konkep masih sangat terbatas.

Dia juga mengakui jalan lingkar Wawonii lanjut Amrullah, terkendala dengan banyaknya bentangan sungai. Dengan kata lain, perlu pula dibangun jembatan sebagai penghubung jalan. Tentu saja, pembangunan jembatan juga menelan anggaran besar.

“Kalau saya tidak salah, se-Pulau Wawonii ini kurang lebih 700 meter panjang jembatan kita, sementara standar nasional pembiayaan pembangunan jembatan itu sebesar 350 juta per meter. Sehingga kita perlu biaya yang besar untuk pembangunan jembatan,” ungkapnya. (k4/c/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top